Semesta Riau Lanjutan Kunker Pj Bupati Serahkan BLT-DD Rupat Utara

Lanjutan Kunker Pj Bupati Serahkan BLT-DD Rupat Utara

BERBAGI

Bengkalis (Rupat Utara) – Setelah Rabu (14/10/20) kemarin Penjabat (Pj) Bupati Bengkalis H. Syahrial Abdi tiba di Rupat Utara dan menginap satu malam, berlanjut kegiatan didampingi Kepala Dinas PMD H. Yuhelmi dan Camat Rupat Utara Agus Sofyan, menyerahkan BLT-Dana Desa se-Kecamatan Rupat Utara, secara simbolis kepada perwakilan Desa, dan selanjutnya akan disalurkan melalui Kepala Desa terkait, Kamis (15/10/20).

Pj Bupati mengatakan, bahwa program bantuan jaringan sosial melalui Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) ini diambil dari sebagian dana desa. Hal tersebut merupakan petunjuk yang telah disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir.H. Joko Widodo melalui Menteri Desa yang diatur dalam Peraturan Menteri Desa No. 6 tahun 2020.

“Besaran dana penyaluran tahap I s/d III sebesar Rp.600.000 per Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan penyaluran tahap IV s/d VI sebesar  Rp.300.000 per KPM. Hal ini perlu kami sampaikan, agar kedepannya tidak terjadi kesalahpahaman antara masyarakat penerima bantuan dengan Pemerintahan Desa”, sebut Syahrial.

Dikatakan Pj Bupati lagi, berdasarkan laporan yang kami terima, adapun KPM BLT-DD untuk Kabupaten Bengkalis sebanyak 16.273 penerima manfaat. Sedangkan untuk penyaluran tahap I dan IV telah disalurkan 100 %  kepada KPM oleh 136 desa se-Kabupaten Bengkalis.Sementara itu untuk penyaluran tahap V (lima) telah disalurkan oleh 112 desa (82%) dan penyaluran tahap VI  (enam) telah disalurkan oleh 21 desa (15%). 

“Kami  secara pribadi selaku Penjabat Bupati Bengkalis maupun Pemerintah Kabupaten Bengkalis akan terus memantau kegiatan penyerahan BLT DD ini, karena penyaluran BLT-DD harus dilakukan secara tepat, cepat, fokus, terpadu dan sinergis mulai dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Daerah dan Pemerintah Desa”, ujar Syahrial menegaskan. 

Kemudian ditimpali Camat Rupat Utara Agus Sofyan mengatakan, kalau keseluruhan jumlah penerima bantuan BLT-DD di Rupat Utara berjumlah 1.079 KPM.

“Bantuan sosial ini akan menjadi motivasi bagi masyarakat, dan kami berharap dengan adanya bantuan ini, jangan menjadi bermalas-malasan, kepada Kades saat penyaluran bantuan BLT-DD nanti untuk tetap mematuhi Protokol kesehatan, jangan sampai terjadi penumpukan warga”, tegas Agus. 

Kegiatan itu dihadiri juga oleh Kepala Dinas BPBD Tajul Mudarris, Kepala Disparbudpora Anharizal, Kepala Bappeda Hadi Prasetyo, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Syafrizan, Kepala Dinas Perkimtan Gendrayana, Ketua Pembauran Kebangsaan Yuhelmi, Kepala Disnaker Khodijah, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Muhammad Fadhli, Kepala Bagian Umum Alfakhrurrazy Camat Rupat Khairunazri, Kapolsek Rupat Utara Dedy S, Danramil diwakili Batuud Pelda Pauzi, Sekcam Rupat Utara Ahmad Tarmizi.(jlr)