Kesehatan Di Rupat, Kapuskes Batu Panjang Jadi Orang Pertama Divaksin

Di Rupat, Kapuskes Batu Panjang Jadi Orang Pertama Divaksin

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Setelah menerima 108 Yal Vaksin, Kepala Puskesmas Batu Panjang, dr. Dahlia jadi orang pertama kali divaksin, Jumat (5/2).

Setelah divaksin, dr. Dahlia kepada awak media mengatakan kondisi tubuhnya masih belum merasakan reaksi apapun.

“Belum merasakan reaksi apapun, dan akan divaksin 14 hari kedepan,” ujar Dahlia.

“Untuk tenaga kesehatan yang mengalami hypertensi atau gula, bisa dilakukan kembali besok setelah tensi normal kembali,” tambah Dahlia yang menjelaskan ada beberapa orang yang belum bisa divaksin.

Dikatakannya juga, Vaksin ini sudah dilabel halal oleh BPOM dan MUI, artinya aman untuk melindungi diri sendiri dan keluarga.

Sementara itu, untuk vaksinasi para ASN di Rupat, Dahlia mengatakan akan digelar pada tahun 2021 ini, namun jadwal pastinya belum didapatkan.

“Cuma belum dapat arahan waktu pastinya kapan, sementara untuk masyarakat akan diadakan tahun 2022,” ujar Dahlia.

Pantauan di lapangan, dari 35 orang yang akan divaksin hari ini, hanya 14 yang bisa dilakukan vaksinasi, 21 orang lagi belum bisa divaksin dikarenakan hamil, menyusui, serta penyakit lainnya.

Salah seorang penerima vaksin, Riono ketika ditanya pasca beberapa menit setelah menerima vaksin mengatakan hal yang sama seperti dr. Dahlia, tubuhnya belum merasakan reaksi apapun dan dalam kondisi baik-baik saja.

Sementara itu, AKP Syadina Ali, SH ketika dimintai keterangan terkait keamanan dalam proses vaksinasi hari ini menjelaskan telah mengerahkan 10 anggota Polsek Rupat, yaitu 5 orang bertugas di puskesmas Batu Panjang, 5 orang bertugas di Teluk Lecah serta bergabung dengan TNI dan Satpol PP untuk melakukan pengamanan.

Ia juga memberi pesan kepada penerima vaksin agar tetap menjaga prokesnya meskipun telah disuntik vaksin.

Penulis: Johanes Mangunsong
Editor: Iskandar Zulkarnain