Lingkungan BPBD Dumai Dirikan Posko Siaga Bencana Kabut Asap

BPBD Dumai Dirikan Posko Siaga Bencana Kabut Asap

BERBAGI

DUMAI, Tribunriau – Pemerintah Kota Dumai melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Dumai mendirikan posko siaga bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan 2018. Posko tersebut berada di depan kantor BPBD Jalan Putri Tujuh Kota Dumai.

Kepala BPBD Dumai Tengku Ismed mengatakan, pendirian posko tersebut menyusul penetapan status siaga darurat penanggulangan bencana asap akibat Karhutla di Kota Dumai baru-baru ini.

“Pendirian posko tersebut menyusul penetapan status siaga darurat penanggulangan bencana asap akibat karhutla di Kota Dumai belum lama ini,” kata Tengku Ismed, Senin (26/2/2018).

Dijelaskannya, posko sudah disiapkan dan dijaga tim gabungan. Seperti tahun-tahun sebelumnya, posko tersebut akan dimanfaatkan untuk membahas langkah-langkah seluruh pemangku kepentingan yang tergabung dalam Satuan tugas untuk mencegah dan menanggulangi Karlahut tahun ini.

Terkait kebakaran lahan, Ismed menjelaskan bahwa titik api masih ditemukan di jalan Dumai Motor Kecamatan Medang Kampai. Tim gabungan sudah di terjunkan kelapangan untuk memadamkan api.

“Titik api masih di daerah Dumai Motor, kami sudah menurunkan tim ganungan tersiri dari BPBD Dumai, TNI dan Polri, Manggala Agni, Masyarakat Leduli Api (MPA) tin dari Dinas Kehutanan dan instansi terkait lainnya. Kita juga mendapat bantuan pemadaman dari PT Sinarmas untuk melakukan water bombing ke daerah yang sulit dijangkau,” terangnya.

Akibat kebakaran tersebut kabut asap makin tebal. “Akibat kebakaran itu kabut asap makin tebal saat ini kami juga masih menunggu laporan Kualitas udara atau ISPU dari PT Chevron Dumai. Kita berharap kebakaran lahan di Dumai Motor dapat segera padam agar kualitas udara segera membaik,” pungkasnya. (hrc)