Pendidikan TK Pertiwi Diresmikan Bupati Jadi TK Negeri Mandau

TK Pertiwi Diresmikan Bupati Jadi TK Negeri Mandau

BERBAGI

Bengkalis (Mandau), Tribunriau – Sekolah TK (taman kanak-ksnak) Pembina yang merupakan binaan Kecamatan Mandau, diresmikan menjadi sekolah negeri oleh Bupati Bengkalis Kasmarni, di area kantor Camat Mandau, Kabupaten Bengkalis, Rabu (10/03/21) sore.

Camat Mandau Riki Rihardi, S.STP, dalam kata sambutannya mengatakan, dengan diresmikan Bupati TK Pembina menjadi negeri diharapkan bisa meningkatkan dari sisi pendidikan dan dari sisi kwalitas.

Dimana sebelumnya sekolah ini namanya TK Pertiwi dan sekarang menjadi TK Pembina diharapkan bisa sebagai pelopor membina anak usia dini, anak nasa depan negeri junjungan dan merupakan awal pendidikan ke arah yang lebih baik, serta berkat doa bersama, Kecamatan Mandau bisa bermarwah, maju dan sejahteta.

“Kami sangat mengucapkan terimakasih kepada bapak/ibu sekalian, khususnya kepada Bupati beserta rombongan atas kedatangannya ke acara peresmian sekolah TK Pembina ini, ini merupakan suatu berkah buat kami (Kecamatan Mandau, red),” tutup Riki.

Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Edi Sakura, S.Pd, M.Pd mengucapkan terimakasih kepada pengurus Yayasan TK Pertiwi Kecamatan Mandau, yang dengan tulus dan iklas menyerahkan semua asset yayasan kepada penerintah daerah Kabupaten Bengkalis, dan sekaligus menberikan dukungannya untuk nenegerikan TK Pertiwi menjadi TK Negeri Pembina Mandau, sesuai Surat Keputusan Bupati Bengkalis Nomor: 470/KPTS/XII/2020 tanggal 14 Desember 2020.Tentang pembukaan dan penegerian Taman Kanak-Kanak Pertiwi menjadi TK Negeri Pembina Mandau tahun pelajaran 2020/2021.

“Dengan adanya dan diresmikannya TK Negeri Pembina Mandau ini, diharapkan akan menambah semangat kita untuk lebih dapat meningkatkan kinerja kita dari apa yang telah kita kerjakan selama ini,” sebut Edi.

Dilanjutkan Kadis Pendidikan, dengan bertambahnya TK Negeri Pembina Mandau maka jumlah TK Negeri Pembina di Kabupaten Bengkalis menjadi 10 TK Negeri.Sehingga guru TK PNS yang berjumlah 75 orang secara bertahap akan ditempatkan pada TK Negeri Pembina.Dan belum bisa nenampung semua guru TK PNS yang selama ini ditempatkan di TK Swasta, yang berada di wilayah Kabupaten Bengkalis.

“Pemkab Bengkalis melalui dinas pendidikan berupaya meningkatkan mutu bagi tenaga pendidikan PAUD, untuk meningkatkan jenjang pendidiksn dari tamatan SLTA menjadi S1 PAUD yang bekerjasama dengan pihak STAIN Bengkalis.Alhamdulilah kita sudah berikan beasiswa sebanyak 166 orang guru PAUD untuk menyelesaikan pendidikan pada perguruan tinggi tersebut.Dan dinas pendidikan berupaya meningkatkan sarana dan prasarana sekolah TK Negeri di Kabupaten Bengkalis, baik melalui APBD dan APBN.Serta meningkatkan kesejahteraan guru PAUD, kami telah menganggarkan honorarium guru TK Negeri se Kabupaten Bengkalis,”tutup Edi.

Kemudian Bupati Kasmarni mengatakan, bahwa TK adalah sebagai tempat/ruang bagi anak usia dini untuk berekspresi, berkolaborasi serta membangun kebersamaan dalam berbagai  kegiatan. Mengingat pendidikan anak usia dini merupakan kunci sukses merajut pembangunan sumberdaya manusia yang fundamental dan strategis.

Pemerintah Kabupaten Bengkalis tetap memiliki komitmen untuk berpihak pada peningkatan kualitas pendidikan, makanya pengelolaan dan pengembangan potensi sumber daya manusia masyarakat Kabupaten Bengkalis menjadi salah satu diantara tiga misi kami selaku Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis untuk lima tahun mendatang demi mewujudkan Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera,” sebut Kasmarni.

Diteruskannya, penegerian TK Pertiwi menjadi TK Negeri Pembina ini merupakan salah satu bentuk kehadiran Pemerintah Daerah ditengah-tengah masyarakat, khususnya dalam bidang pendidikan anak usia dini, dengan harapan TK Negeri Pembina Kecamatan Mandau ini mampu mengembangkan diri serta menjadi model pendidikan anak usia dini yang terbaik terutama berpacu dalam meningkatkan kualitas SDM anak.

“Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis menyambut baik perubahan status penegerian TK Pembina Kecamatan Mandau ini, karena kami yakin dari lembaga pendidikan ini, kelak akan lahir generasi yang mampu membawa kemajuan dan kesejehateraan bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis kedepannya,”tutur Kasmarni.

Ditambahkannya lagi, pendidikan kepada anak bukan semata-mata menjadi tanggung jawab sepenuhnya tenaga pendidik, sebagai orang tua juga memiliki peran penting dalam meningkatkan SDM anak.  Maka dari itu kedua belah pihak harus bekerjasama dan menjalin komunikasi yang baik dalam proses pendidikan anak. 

“Orang tua dan pendidik menjadi agen pembelajar dalam kehidupan anak ketika anak didik berada dilingkungan sekolah maupun dilingkungan keluarga. sehingga tidak menimbulkan makna ambigu (keraguan, kekaburan atau ketidak jelasan) pada diri anak nantinya,”tutup Kasmarni.

Kegiatan itu dihadiri juga oleh Kapolsek Mandau diwakili oleh Iptu Indra, Asisten II Setda Bengkalis H.Heri Indra Putra, Kadisnakertrans Kolijah, Kadis Sosial Hj.Martini, Kadis Ketahanan Pangan Imam Hakim, Kadis PMPTS Basuki Rahmad, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan Pendidikan Non Formal Akna, beberapa Lurah dan lainnya. (jlr).