Pendidikan Sosialisasi Belajar Tatap Muka di Rupat, “Jika Belum Siap, Jangan Dibuka”

Sosialisasi Belajar Tatap Muka di Rupat, “Jika Belum Siap, Jangan Dibuka”

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Dalam persiapan uji coba belajar mengajar dengan sistem tatap muka, sekolah ditekankan untuk tidak dibuka apabila belum siap dengan aturan protokol kesehatan (prokes).

Hal tersebut disampaikan Koordinator Wilayah Kecamatan (Korwilcam) Rupat Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, Rais, SH, S.Pd, M.Si dalam acara sosialisasi uji coba belajar tatap muka di SDN 25 Rupat, Rabu (27/1).

“Jika sekolah belum siap (dengan aturan prokes, red), jangan dibuka,” ujar Rais.

Dikatakan Rais, pihaknya akan terus memantau sekolah-sekolah yang ada di Rupat dalam menerapkan prokes seperti yang telah ditetapkan.

“Untuk sekolah mana yang layak atau tidaknya, kita pantau untuk semua harus layak, untuk sekolah yang masih melanggar peraturan berkumpul-kumpul seperti sekolah biasanya, kita himbau untuk mengikuti aturan dan petunjuk di sekolahnya masing-masing,” tegasnya.

“Jika ditemukan sekolah yang tidak mengikuti peraturan prokes, kemungkinan kepala sekolah akan di-nonaktifkan dan sekolah yang tidak layak tidak boleh dipaksakan,” tambahnya.

Rais juga mengatakan rincian jam belajar, yaitu siswa SD kelas 6 akan diberikan waktu 2 jam, sementara untuk kelas 1 hingga 5 tetap dengan metode daring.

“Setelah proses belajar, kita berharap agar siswa langsung pulang,” harapnya.

Di tempat yang sama, Pembantu Puskesmas, Een menghimbau agar sekolah khususnya untuk para guru agar selalu mengecek suhu tubuh murid, menyediakan alat prokes di setiap sekolah, ia juga menjelaskan gejala dari covid 19 ini seperti pilek deman tinggi.

“Jika ditemukan siswa yang mempunyai gejala tersebut, agar terlebih dahulu memberitahukan kepada pihak kesehatan dan meminta obat ke puskesmas, gratis,” ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada sekolah di masa pandemi ini untuk lebih memperhatikan kesiapan dan kebersihan uks.

Turut hadir dalam acara sosialiasi tersebut Bhabinkantibmas dan Babinsa Tanjung Kapal, Pengawas SD dan Pengawas Paud.

Penulis: Johanes Mangunsong
Editor: Iskandar Zulkarnain