Semesta Riau PN Rohil Gelar Acara Penanganan Simulasi Huru-Hara Bersama Wakapolres Rohil

PN Rohil Gelar Acara Penanganan Simulasi Huru-Hara Bersama Wakapolres Rohil

11
BERBAGI
Foto bersama setelah simulasi.

Rohil, Tribunriau- Pengadilan Negri Rokan Hilir (PN Rohil) menggelar acara penanganan simulasi huru-hara bersama Wakapolres Rohil Kompol Kurnia Setyawan SIK di ruang sidang dan dan di halaman PN Rohil, Rabu (25/10/17) Pukul 07.30 WIB.

Penanganan huru-hara yang dimaksud adalah ketika keluarga pelaku merasa tidak senang atas keputusan sidang yang diambil oleh Hakim dan dilanjutkan dengan penyelamatan Hakim Ketua dan terdakwa dari ruang sidang pengadilan.

Pelaksanaan kegiatan simulasi di PN Rohil tersebut dikendalikan oleh Tim Dalmas Polres Rohil, yang dipimpin Kasat Sabhara Polres Rohil AKP Ruslan, bersama perwira Polres dan beberapa anggota yang ikut terlibat dalam simulasi tersebut.

Adapun Susunan dari kegiatan simulasi tersebut diawali dengan penanganan pelaku huru-hara oleh tim Dalmas Awal dari Polsek Tanah Putih. Karena eskalasi pengunjuk rasa semakin tinggi dan dilakukan negosiasi oleh tim negosiator, namun massa mulai anarkis, selanjutnya Kapolsek Tanah Putih menghubungi Kapolres untuk dapat menurunkan Dalmas inti dari Polres. Kapolres memerintahkan Kasat Sabhara untuk menerjunkan Dalmas inti.

Setelah Tim Dalmas inti masuk lokasi untuk melakukan lapis ganti dari Tim dalmas awal kepada kompi Tim dalmas inti,dan di lokasi terjadi dorong mendorong antara tim dalmas inti dengan pengunjuk rasa,yang mana Tim penembak juga dilibatkan untuk pembubaran masa bersama Tim pemadam kenakalan dan di  lokasi yang juga telah melibat Tim penembak dan Tim evakuasi korban huru hara.

Kondisi simulasi saat digelar

Dilanjutkan dengan memanasnya Suasana di ruang persidangan,yang mengharuskan Tim dalmas melakukan pengamanan serta penyelamatan terhadap Hakim dan terdakwa oleh tim escape yang sudah standby di belakang ruang sidang untuk melakukan evakuasi,penyelamatan Hakim dan terdakwa membawanya ke tempat yang aman.

Wakil Ketua PN Rohil, Rudi Ananta SH MH Msi saat dikonfirmasi mengatakan tujuan dari penanganan simulasi huru-hara tersebut untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. “Pihak Pengadilan Negri Rohil bekerjasama dengan Kapolres Rokan Hilir agar kerusuhan bisa dicegah dan dikendalikan serta diatasi,” ucapnya.

Harapannya, PN Rohil kedepan, dengan adanya simulasi ini bisa mencegah terjadinya kerusuhan dan agar semua proses perkara baik itu pidana maupun perdata di Pengadilan Negri Rokan Hilir ini berjalan dengan lancar, aman dan kondusif.

Rangkaian kegiatan simulasi penanganan unjuk rasa huru-hara yang dilaksanakan berdasarkan surat edaran Mahkamah Agung RI.Kegiatan tersebut berakhir Pukul 09.30 Wib,semua kegiatan simulasi dalam keadaan lancar aman dan kondusif.(to)