Nasional ICODAG dan Kongres Kapsipi 2017, Ilmu Pemerintahan UIR Dipercaya Jadi Tuan Rumah

ICODAG dan Kongres Kapsipi 2017, Ilmu Pemerintahan UIR Dipercaya Jadi Tuan Rumah

7
BERBAGI

PEKANBARU, Tribunriau – Program Studi Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Islam Riau (UIR) dipercaya jadi tuan rumah penyelenggaraan International Conference on Democracy, Accountability and Governance (ICODAG) 2017 yang berlangsung pada 23-25 November 2017, di Kampus UIR, Pekanbaru, Riau.

Menurut Dekan Fisipol UIR Dr. Moris Adidi Yogia, S.Sos, M.Si, konferensi internasional dan penyajian call paper dengan tema Demokrasi, Akuntabilitas, Pemerintahan tersebut akan menghadirkan sejumlah pembicara dari dalam maupun luar negeri.

Diantara pembicara yang sudah memastikan kesediaannya untuk hadir diantaranya Prof. Dr. Stefen Koos dari Muenchen University, Jerman, Prof. Dr. Ahmad Marthada dari UMM Malaysia, Dr. Thomas R Seitz dari Wyoming, Amerika Serikat, Prof Amporn Tamronglal dari Thammasat University, Thailand, Pimpinan KPK RI Agus Raharjo, Prof. Dr. Utang Suwaryo dari Unpad.

Selain itu juga akan hadir sebagai pembicara Prof. Zulkifli bin Zainal Abidin dari Malaysia, Bupati Kampar Azis Zaenal, Bupati Kepulauan Meranti Irwan, dan Prof Sadu Wasistiono dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

“Acara ini insya Allah akan dihadiri 122 delegasi prodi Ilmu Pemerintahan se Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dengan jumlah peserta partisipan sebanyak 500 orang serta call paper yang akan dipaparkan sebanyak 68 naskah dari dosen Ilmu Pemerintahan se Indonesia,” ujar Moris Adidi Yogia.

Moris juga menjelaskan, dengan hadirnya ratusan akademisi dari berbagai daerah dan negara merupakan kesempatan baik bagi Riau untuk memperkenalkan potensi yang dimiliki daerah ini. “Seminar ini tidak hanya menjadi prestasi bagi UIR sendiri tapi tentunya hal ini akan membantu program Pemprov Riau dengan slogannya Riau Menyapa Dunia,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Progaram Studi Ilmu Pemerintahan UIR Panca Setyo Prihatin mengatakan, selain international conference dan Call Paper yang bertempat di kampus UIR, sejumlah kegiatan lainnya juga akan dilaksanakan seperti Kongres Kesatuan Program Studi Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia (Kapsipi) ke 2 dengan agenda pemilihan ketua baru.

Panca juga mengatakan, dipercayakan UIR sebagai tuan rumah International Conference on Democracy, Accountability and Governance (ICODAG) 2017 yang berlangsung pada 23-25 November 2017 mendatang karena Prodi Ilmu Pemerintahan UIR sudah mendapatkan Akreditasi A.

“Perlu diketahui ada 128 Prodi Ilmu Pemerintahan di Indonesia, yang mendapatkan Akreditasi A itu hanya sembilan Prodi di Indonesia. Untuk wilayah Sumatera hanya Prodi Ilmu Pemerintahan UIR yang Akreditasi A, dan di Sulawesi ada satu dan sisanya ada di pulau Jawa. Nilai Akreditasi A ini juga menjadi nilai tawar UIR sebagai tuan rumah,” jelasnya.(***)