Paripurna DPRD Rohil dalam Rangka Penyampaian jawaban Bupati terhadap pandangan umum fraksi tentang Rancangan APBD 2023

0

ROHIL, Tribun riau. com – Rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dalam rangka penyampaian jawaban bupati Rokan Hilir terhadap pandangan umum Fraksi -fraksi tentang rancangan APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun Anggaran 2023, senin (28/11/22) malam diruang utama kantor DPRD Rohil Bagansiapiapi.

Rapat dipimpin ketua DPRD Rohil Maston didampingi wakil ketua DPRD Basiran Nur efendi , wakil Bupati Rohil Hilir. H.Sulaiman.SS.MH, sekwan Rohil sarman Syahroni. ST dan dihadiri anggota DPRD Rohil, pj. Sekda Dra. H. Fery Hendra Farya, kepala OPD dilingkungan pemerintah kabupaten Rokan Hilir.

Dalam penyampaian Bupati Rohil Afrizal Sintong yang diwakili wakil Bupati Rohil H. sulaiman SS. MH, mengucapkan Terima kasih atas pandangan umum dari fraksi -fraksi DPRD Kabupaten Rokan Hilir Terhadap Rancangan peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten Rokan Hilir tahun 2023 yang telah disampaikan .

” kami awali dengan menanggapi pandangan umum dari fraksi PDI perjuangan yang disampaikan oleh anggota dewan yang terhormat Saudara Purnomo. Sag, terkait tangapan atas penyampaian nota keuangan rancangan anggaran pendapatan belanja daerah tahun 2023 dengan tetap mendukung percepatan kemudian ekonomi pengendalian inflasi daerah yang melanjutkan upaya covid 19 kami ucapkan terima kasih dan sebaliknya kami ucapkan apresiasi kepada Fraksi partai demokrasi Indonesia atas tanggapan yang dimaksud, “kata sulaiman.

kemudian terkait penyampaian nota keuangan Rancangan peraturan daerah tentang APBD tahun 2023 dengan tetap memperbesar kesehatan pendidikan dan pembangunan infrastruktur berada dalam serana Jalan terkhusus Kecamatan Kubu Kecamatan Tanjung Medan Kecamatan Palika, Kecamatan simpang Kanan , sinaboi dan bagan sinembah raya, akan menjadi suatu pertimbangan dalam menyusun APBD Kabupaten Rokan Hilir tahun anggaran 2023 nantinya.

terkait kondisi struktur RAPBD Kabupaten Hilir tahun anggaran 2023 yang mengalami peningkatan sesuai dengan kondisi kemampuan keuangan daerah menjadi perhatian kita bersama dan kami ucapkan terima kasih .

terkait pelaksanaan pencapaian dan kelanjutan RPJMD dalam menetapkan pembangunan secara menyeluruh di berbagai bidang yang mendekatkan pencapaian daya Saing Kominitif perekonomian akan terjadi perhatian pemerintah daerah dalam pembangunan sumber daya manusia sebagai aspek profesi aparatur sipil negara di Rokan Hilir.

selanjutnya kami akan sampaikan jawaban pandangan umum Partai Nasdem yang disampaikan oleh anggota dewan yang terhormat saudari sumini, terkait dengan apresiasi dalam meningkatkan kualitas perencanaan pengendalian populasi pembangunan Daerah dan atas informasi pembangunan daerah yang akurat mudah dan dapat dipertanggungjawabkan secara baik dan bijaksana mengacu pada tercapainya RPJMD di tahun 2021 – 2026 kami ucapkan terima kasih .

kemudian terkait pembangunan infrastruktur adalah masih merupakan hal Komoditas utama kita sebagai modal atau kapital dalam upaya yang meningkatkan produktivitas perekonomian daerah beserta usaha peningkatan serta hidup masyarakat terluas , penempatan prioritas program dan kegiatan yang terukur tepat sasaran seperti pada infrastruktur yang merata pengelolaan hasil pertanian perkebunan dan berikanlah akan menjadi pertimbangan pada pembahasan APBD 2023 ini.

selanjutnya kami sampaikan jawaban atas pandangan partai hati nurani rakyat (Hanura) yang disampaikan oleh anggota dewan yang terhormat Saudara jefri Bukhori, terkait dengan pendapatan daerah meningkat pada tahun ini kami akan mampu diharap untuk berefek signifikan terhadap belanja daerah, salah satu dari belanja modal yang akan memberikan tingkat kemandirian keuangan daerah dapat membayar belanja daerah terutama Bagaimana upaya kita untuk meningkatkan pendapatan asli Daerah telah dijawab atas pandangan umum dari fraksi sebelumnya.

terkait saran yang diberikan kepada seluruh SKPD di lingkungan pemerintah kabupaten Rokan Hilir agar benar-benar jeli dalam membuat program agar tepat waktu dan tepat sasaran sehingga tidak menimbulkan silva, kami ucapkan Terima kasih.

selanjutnya akan sampaikan jawaban atau penjelasan terhadap pandangan umum fraksi partai Demokrat yang disampaikan oleh anggota dewan terhormat Saudara Imam seroso.SE, terkait Ranperda APBD tahun anggaran 2023 wajib hukumnya dipandang sebagai akun stabilitas sebagai pengelola keuangan dan juga sebagai upaya menegakkan prinsip tranparansi tata kelola pemerintah yang baik, terhadap hal demikian kita sepakat untuk menjadi perhatian kita bersama .

Kemudian terkait dengan kondisi ril , masyarakat Rokan Hilir yang belum pulih dan dampak covid 19 dan adanya kenaikan BBM sehingga muncul sebagai kombinasi kenaikan BBM dari pemerintah pusat program tersebut bisa dikolaborasikan dengan program kegiatan pemerintah daerah kabupaten Rokan Hilir untuk membangun ketahanan ekonomi dan bisa mengurangi angka Kemiskinan dapat kami jelaskan bahwa salah satu kegiatan tersebut merupakan kolaborasi dengan pemerintah pusat diantaranya adalah dengan memberikan bantuan langsung tunai BLT yang ada di dinas sosial.

Selanjutnya kami sampaikan jawaban terhadap pandangan umum fraksi partai amanat nasional (PAN) yang disampaikan oleh anggota dewan yang terhormat Saudara amansyah, terkait tadi kita sepakat untuk terus menggali pendapatan asli daerah dari pos-pos yang akan memberi kontribusi Terhadap Peningkatan PAD, hal ini telah Dijelaakan atas jawaban dari pandangan umum fraksi sebelumnya.

terkait dengan Belanja daerah yang mengalami kenaikan, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang diberikan sehingga belanja di alokasikan bisa dipergunakan sebesar-besarnya untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Rokan Hilir.

terkait kelangkaan pupuk bersubsidi, agar dapat mengatur tata Niaga pupuk dalam bentuk perda akan menjadi pertimbangan kita bersama .

pengangkatan P3K diatur dalam peraturan pemerintah nomor 49 tahun 2018 dengan manajemen P3K pada pasal 96 ayat 1 sebutkan bahwa P3K dilarang mengangkat pegawai non PNS dan non P3K untuk mengisi jabatan ASN .

pada prinsip Pemerintah Kabupaten yang menilai bahwa pandangan umum yang disampaikan fraksi PAN tersebut sejalan dengan amanat surat edaran Menpan RB yang merupakan suatu langkah strategis dalam penyelesaian pegawai non ASN yang memenuhi syarat dan tidak lulus seleksi calon PNS maupun calon P3K .

Selanjutnya kami sampaikan jawaban fraksi partai keadilan sejahtera (PKS) yang disampaikan oleh anggota dewan yang terhormat Saudara samsudin sebagai berikut : terkait cara untuk mewujudkan peningkatan daerah, pendapat daerah dengan Membuat strategi daerah dengan skema, pertama peningkatan kapasitas aparatur yang kedua pelayanan prima , yang ketiga Pemutakhiran data pajak, selain program bantuan sosial kesehatan masyarakat tidak mampu dari pemerintah Kabupaten Rokan Hilir fraksi PKS mengharapkan anggaran dana untuk bantuan sosial tersebut lebih ditingkatkan mengingat masih banyak yang kalangan masyarakat kita tidak mampu pergi berobat akibat keterbatasan biaya yang dimiliki akan menjadi pertimbangan untuk pembahasan APBD 2023 .

Selanjutnya kami sampaikan penjelasan pandangan umum fraksi gabungan Indonesia Bangkit yang disampaikan oleh anggota dewan yang terhormat saudara Syarif usman terkait beberapa kajian terhadap RAPBD Tahun 2023 , sehingga nanti dapat memberikan arah yang jelas apa itu tujuan pemerintah untuk mengakompdir kepentingan stock holder yang berasal dari asumsi strategi dalam pencapaian tujuan lebih efektif dan efisien bagaimana pemerintah akan mengaplikasikan visi dan misi organisasi yang tertuang dalam RPJMD tahun 2021- 2026 akan menjadi masukan dan perhatian kita bersama dalam melaksanakan aktivitas tahun 2023 yang akan datang .

terkait alokasi anggaran Kegiatan -kegiatan yang bisa meringankan beban masyarakat yang semakin berat karena kenaikan harga bahan-bahan pokok rumah tangga akibat kenaikan dan akan disempromentasikan dalam tugas dan tanggung jawab sebagai penyelenggaraan pemerintah hal ini telah diupayakan pada kegiatan pada APBD 2022 seperti kegiatan dalam pengendalian inflasi daerah dan kegiatan pemulihan ekonomi daerah tentunya pada RAPBD Tahun Anggaran 2023 ini akan ada upaya untuk kegiatan tersebut tetap ada.

Selanjutnya kami sampaikan penjelasan terhadap pandangan untuk fraksi gabung Gerindra pembangunan berkarya yang disampaikan oleh anggota dewan yang terhormat Saudara Dana patra, sebelum memberikan penjelasan atas pandangan umum fraksi dari Gabungan gerindra Pembangunan berKarya dan ucapkan terima kasih atas perhatiannya terhadap penyampaian berita keuangan Rancangan peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah Rokan Hilir tahun pelajaran 2023 serta penjelasannya.

terkait saran yang diberikan oleh fraksi gabung Gerindra pembangunan berkarya agar pemerintah daerah tertentu serius menangani masalah kesehatan , perlindungan bagi masyarakat miskin , pendidikan, pertanian dan lain -lainya kami ucapkan Terima kasih.

Terkait pandangan fraksi gerindra gabungan berkarya tentang harapan pemerintah harus memperhatikan sektor UMKM untuk menyonsong perekonomian masyarakat sehingga pelaku usaha kabupaten Rokan Hilir lebih terakomodir atau menjadi harapan kita semua , oleh itu akan menjadi perhatian kita terhadap pelaku usaha dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Masyarakat.

Terkait harapan pada sektor perikanan dan pertanian pemerintah harus memikirkan bagaimana upaya hasil ikan kembali normal dan membantu sarana-persarana lain, dan memikirkan Bagaimana nasib penembak kerang yang yang ada di kecamatan Bangko, Sinaboy , upaya nelayan akan menjadi perhatian kita bersama .

“terkait usulan fraksi-fraksi yang telah disampaikan masalah infrastruktur akan kita akomodir dalam anggaran 2023 ini, Demikian penjelasan dan jawaban pemerintah yang dapat saya sampaikan pada sidang paripurna DPRD kabupaten hari ini dengan harapan kiranya penjelasan yang dapat memenuhi jawaban atas pandangan umum fraksi yang disampaikan terdahulu kami mohon maaf, apabila penjelasan dan jawaban pemerintah yang kami sampaikan ini belum sepenuhnya memenuhi esensi esensi dan materi pandangan umum anggota dewan yang terhormat namun seluruh materi pandangan umum yang disampaikan akan kami jadikan acuan referensi serta panduan dalam mempermulasikan kinerja Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir pada APBD Kabupaten Rokan Hilir Tahun anggaran 2023,”tutup sulaiman. (Hen)