Ekonomi Gas Elpiji 3 Kg Kembali Langka di Dumai, Disperindag Beberkan Penyebabnya

Gas Elpiji 3 Kg Kembali Langka di Dumai, Disperindag Beberkan Penyebabnya

5
BERBAGI

DUMAI, Tribunriau – Lintas instansi di Kota Dumai melakukan rapat terkait solusi kelangkaan Gas Elpiji 3 kg di Dumai, Senin (9/10).

Pengakuan pihak Disperindag Kota Dumai, bahwa pengguna Tabung Gas Elpiji 3 Kg di Dumai meningkat, seiring dengan pertumbuhan penduduk. Namun kuota pasokan tabung Gas 3 Kg tidak ada penambahan.

Kepala Disperindag Dumai, Zulkarnain mengatakan bahwa hal ini adalah satu penyebab kelangkaan tabung gas Elpiji 3 kg selama satu pekan ini.

Masalah lainnya yakni ada pangkalan yang melayani penjualan tabung gas subsidi di luar kelurahannya. Lalu adanya pengecer lain yang berjualan di luar pangkalan. Hal ini jelas menjadi persoalan dalam penyaluran gas elpiji 3 kg.

Padahal pihak pangkalan dan agen sudah diimbau untuk mematuhi Harga Eceran Tertinggi (HET) Yakni Rp 18.000 pertabung. Khusus untuk di Kelurahan Batu Teritip yakni Rp 21.000 pertabung.

“Seharusnya penyaluran dilakukan oleh pangkalan, sebab harga cendrung naik di pengecer,” ujar Zulkarnain dalam rapat terkait kelangkaan Gas Elpiji 3 kg di Kantor Disperindag Dumai.(*)