Politik Pilgubri 2018, KPU Riau Targetkan Pembentukan PPK dan PPS Rampung Akhir Oktober

Pilgubri 2018, KPU Riau Targetkan Pembentukan PPK dan PPS Rampung Akhir Oktober

3
BERBAGI

PEKANBARU, Tribunriau – Ketua KPU Riau Nurhamin saat mengelar jumpa pers di kantor KPU Riau, Selasa (10/10), mengatakan KPU Riau menargetkan akhir Oktober 2017 ini pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) atau badan Adhoc pilgubri 2018 bisa rampung. “Harapan kita akhir Oktober ini bisa rampung semuanya,” ujar Nurhamin.

Untuk saat ini kata Nurhamin, KPU tengah melakukan sosialisasi rekrutmen ini. Yang dimulai tanggal 12 Oktober sampai 11 November 2017. “Hari ini kita telah lakukan bimtek seluruh KPU kabupaten kota,” katanya.

Terkait total rekrutmen PPK dan PPS, ia menyebutkan, PPK sebanyak 815 orang sedangkan PPS berjumlah 1860  orang. Sementara itu untuk batasan umur bagi pelamar, ia mengatakan sesuai PKPU no 12 terbaru bahwa umur 17 keatas sudah bisa ikut seleksi.

“Bagi yang sudah pernah menjadi badan Adhoc ini juga bisa ikut kembali,” paparnya.

Dalam rekrutmen ini tambah Nurhaimin, pihaknya juga akan membuat standar operasional (SOP) ketat, dengan harapan supaya seleksi ini berjalan lancar dan tidak ada kecurangan, salah satunya tentang keberpihakan kepada salah satu calon.

“Untuk soal tesnya sendiri akan dibuat oleh kabupaten dan kota. Tapi kita tetap akan memantau dan mengawasi rekrutmen ini,” jelasnya.(R24/Tn)