Lingkungan Dumai Diselimuti Kabut Asap Karlahut

Dumai Diselimuti Kabut Asap Karlahut

1
BERBAGI

DUMAI – Sejak beberapa hari yang lalu, Dumai diselimuti kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan (Karlahut). Asap pun mulai menyelimuti Kota Dumai dan terlihat jelas pada malam dan pagi hari.

Sedikitnya 25 hektar lahan gambut terbakar dalam dua hari belakangan ini. Pantauan di lapangan ada tiga titik api, masing – masing di Kelurahan Tanjung Penyembal Kecamatan Sungai Sembilan, Dumai Motor Kecamatan Medang Kampai dan di Kilometer 11 Bukit Timah Kelurahan Mekar Sari Kecamatan Dumai Selatan.

“Jumlah lahan yang terbakar seluas 25 hektar, di Dumai Motor Medang Kampai sekitar 5 hektar, Tanjung Penyembal sekitar 20 Hektar, di kilo 11 Kelurahan mekar sari masih menunggu laporan dari tim yang berada di lapangan,” kata Sekretaris BPBD Dumai Muhammad Rasyid, Ridho, Rabu (14/2/2018).

Proses pemadaman terus dilakukan melibatkan instansi terkait seperti dari TNI, Polri, Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api dan Instansi terkait lainnya.

“Kami sudah turunkan tim untuk melakukan upya pemadaman api di lapangan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kota Dumai juga menggandeng PT Sinar Mas untuk melakukan water booming. Water booming yang kita lakukan hari ini sudah sebanyak 43 kali untuk memadamkan kebakaran lahan. Khususnya kebakaran dilahan yang sulit di jangkau,” tegasnya. (hrc)