Lingkungan Dua Unit Excavator Milik SRL Turut Padamkan Karhutla di Lahan Masyarakat Rupat

Dua Unit Excavator Milik SRL Turut Padamkan Karhutla di Lahan Masyarakat Rupat

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- PT Sumatera Riang Lestari (SRL) di Rupat terjunkan 2 unit excavator untuk membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Jumat (19/2).

Tak hanya itu, 85 anggota juga diturunkan PT SRL untuk membantu masyarakat, juga termasuk 8 unit mesin pemadam lengkap dengan 80 roll selang.

Karhutla tersebut tepatnya terjadi di lahan masyarakat Desa Mesim RT 02 RW 01 Dusun Sukarjo Mesim Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.

Kapolsek Rupat, AKP Syadina Ali, SH kepada awak media mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan adanya kebakaran pada 17 Februari kemarin, sore harinya langsung menurunkan tim untuk turun ke dusun Sukarjo Parit Jawa Desa Mesim RT 02 RW 01 yang masih semak belukar lahan masyarakat.

“Kita coba memadamkan api hingga malam jam 21:00, namun karena sudah gelap tidak kelihatan, kita sambung lagi pagi hari nya hinga sampai saat ini hari jumat,” ujar Kapolsek.

“Sebanyak 15 anggota dari Kepolisian dikerahkan dalam memadamkan kebakaran, dibantu juga 19 personil dari TNI, 6 orang dari Damkar, PBBD 6 orang, dan dibantu juga dari PT SRL sebanyak 85 orang, Satpol PP Kecamatan 10 orang dan MPA sekitar 20 orang,” tambahnya.

Dikatakan Kapolsek, pihaknya akan segera memanggil beberapa pihak untuk dilakukan pemeriksaan terkait terjadinya karlahut tersebut.

“Dan besok pagi sabtu mungkin akan dilakukan pemanggilan untuk pemeriksaan terhadap Kades perangkat desa untuk mengetahui lahan siapa,” jelasnya.

Pantauan awak media di lapangan, camat Rupat yang juga turut hadir bersama personil TNI, Polri, Satpol PP kecamatan, dari PT SRL dan lainnya tampak saling bahu membahu dalam memadamkan api, pemadaman sudah berlangsung 3 hari, api sudah mulai mengecil.

Sementara itu, Kades Mesim tidak dapat ditemui di kantornya, salah seorang petugas di kantor tersebut mengatakan bahwa Kades sedang berada di lokasi karhutla.

Mendengar informasi tersebut, awak media ini langsung mengejar ke lokasi yang dimaksud, namun juga tidak menjumpai kades.

Salah seorang warga yang berada di lokasi mengatakan bahwa kades tidak kelihatan sejak ia berada di lokasi tersebut.

Di sisi lain, salah seorang warga, Gisin mengatakan kalau dirinya berterimakasih kepada PT SRL atas bantuannya. “Baik alat berat, mesin yang membantu kami memadamkan api, sekali lagi kami sangat berterimakasih,” ujarnya.

Penulis: Johanes Mangunsong