Lingkungan Dua Hektar Lahan di Tanjung Kapal Rupat Terbakar

Dua Hektar Lahan di Tanjung Kapal Rupat Terbakar

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Sekitar dua hektar lahan semak belukar di Kelurahan Tanjung Kapal, Kecamatan Rupat, Bengkalis hangus terbakar, Jumat (19/2).

Pantauan awak media di lokasi, Sabtu (20/2), pihak Damkar dibantu oleh tim dari PT SRL sebanyak 10 personil, 2 unit mesin dan 30 roll selang.

Turut juga dibantu oleh PT Priatama dengan menurunkan 4 unit mesin, 25 roll selang, dan 25 damkar.

Kebakaran lahan tersebut diketahui berawal dari salah seorang mandor PT Priatama yang mendapat telpon dari salah seorang teman kerjanya pada pukul 12.15, didapatkan info bahwa ada kebakaran di area semak belukar.

“Kami langsung ke tkp untuk memastikan dan benar ada api, akhirnya saya menelpon kasat security memberitahukan ada kebakaran,” ujarnya.

Pihak security yang turun ke lokasi ketika dimintai keterangan membenarkan hal tersebut, ia juga mengatakan selain lokasi kebakaran, pihaknya juga menemukan sepeda motor di area tersebut.

Tak beberapa lama, si pemilik motor yang diketahui berprofesi pencari madu lebah ditahan untuk dimintai keterangan.

“Sekitar 1 jam kemudian Kapolsek Rupat tiba di tkp bersama bhabinkamtibmas Tanjung Kapal, kami langsung mencari tempat dia mencari madu lebah, sekitar 500 meter ia mengaku bahwa barang bukti madu lebahnya ada di samping parit,” ujar security menjelaskan.

Pria pencari madu lebah dan 1 unit motor tersebut kini tengah diamankan di Polsek Rupat untuk dimintai keterangan.

Sementara itu penjelasan dari Kapolsek Rupat AKP Syaidina Ali, SH mengatakan bahwa laporan diterima dari kasat security PT Priatama Tanggal 19/01 sekitar jam 15:30 ada kejadian kebakaran terus kami ke sana.

“Sampai di sana kami amankan seorang laki-laki berinisial ST, warga Rampang Jaya kelurahan Tanjung Kapal, beserta 1 unit sepeda motor merk jupiter mx dengan plat nomor BM 4366 EU, madu dan peralatannya,” ujar Kapolsek.

Kapolsek juga mengatakan bahwa dalam memadamkan api, turut dibantu oleh 11 personil dari Polres Bengkalis, 15 personil dari Polsek, 16 personil dari TNI, 10 orang dari PT SRL dan 25 orang dari PT Priatama.

Terkait salah seorang warga yang ditahan, Kapolsek mengatakan kasus tersebut masih dalam penyelidikan.

Penulis: Johanes Mangunson