Hukrim Polres Bengkalis Adakan Press Release Pengungkapan TP Karlahut

Polres Bengkalis Adakan Press Release Pengungkapan TP Karlahut

BERBAGI

Bengkalis, Tribunriau – Hari ini Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan, SIK, MT ungkap Tindak Pidana Kebakaran Lahan dan Hutan pada acara kegiatan Press Release di Halaman Mapolres Bengkalis, Jl.Pertanian Desa Senggoro, Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, Senin (22/02/21), sekira pukul 10:50 Wib.

Tampak pada kegiatan tersebut, Kapolres didampingi oleh KBO Sat Reskrim Polres Bengkalis dan Kanit Tipidter Polres Bengkalis serta dihadiri sejumlah Awak Media.

Dungkapkan Kapolres, bahwa tindak pidana Kebakaran Hutan dan Lahan di Kabupaten Bengkalis, ada di dua Lokasi Kebakaran yang Berbeda Yaitu, TKP 1 pelakunya inisial S alias Turi di Perbatasan PT. PRIATAMA dengan PT. SRL Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis.

“Lahan yang terbakar seluas kurang lebih 2 hektar, dan dari TKP 1 kita amankan sejumlah barang bukti berupa 2 (dua) batang kayu yg telah terbakar, 1 (satu) bilah parang pendek, 1 (satu) kantong plastik yang berisikan madu, 1 (satu) buah mancis warna biru, 1 (satu) kantong untuk menyimpan madu,”kata Hendra.

Ditambah Kapolres, TKP 2 Jalan Ahmad Nawi Dusun Sungai Suling RT 02 RW 02 Desa Suka Damai, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, kebakaran di sebabkan oleh pembukaan lahan dan pengambilan madu menggunakan api oleh pelaku inisial M.

“Lahan yang terbakar seluas kurang lebih 1 Hektar, dan dari TKP 2 kita amankan sejumlah barang bukti berupa 1 (satu) bilah parang gagang warna Hijau, 1 (satu) buah mancis warna Merah, 2 (dua) batang bibit kelapa sawit, dan 2 (dua) batang kayu bekas terbakar,” papar  Hendra.

“Pelaku An.M Als Mbah Mis hendak membuka lahan untuk dijadikan perkebunan namun dengan cara membakar, tentu ini melanggar hukum. Pasal yang di langgar, Pasal. 187. Ayat 2. KUHP . ( Barang siapa dengan sengaja menimbulkan kebakaran, ledakan atau, banjir di ancam dengan pidana penjara paling lama 12 tahun.(dua belas tahun),”terang Hendra.

 Untuk antisipasi Karlahut Kapolres menghimbau kepada masyarakat, agar selalu ikut berperan dalam melindungi hutan di Kabupaten Bengkalis, dan melaporkan kepada Polsek atau Polres jika melihat adanya kebakaran hutan.(jlr/hms).