Semesta Riau Demo Mahasiswa Tuntut Jokowi Mundur di DPRD Riau Berlangsung Rusuh

Demo Mahasiswa Tuntut Jokowi Mundur di DPRD Riau Berlangsung Rusuh

BERBAGI

PEKANBARU, Tribunriau – Demo Mahasiswa tagih janji Jokowi-JK selama 3 Tahun kepemimpinannya di DPRD Riau, Jumat (20/10) berlangsung rusuh.

Demo ratusan mahasiswa dari berbagai BEM se Riau itu dimulai pada pukul 14.30 wib. Mereka datang mengunakan mobil pickup, membawa bendera, spanduk serta dilengkapi pengeras suara untuk berorasi di depan kantor DPRD Riau.

Pihak Polisi sendiri terlihat juga telah menurunkan ratusan pasukan untuk mencegah jika terjadinya kerusuhan. Mulai pasukan sabhara hingga mobil water canon.

Awalnya orasi terlihat memang berlangsung tertib. Namun karena mahasiwa tidak diperbolehkan masuk ke gedung DPRD untuk shalad Ashar, masa mulai anarkis dengan mendobrak pintu pagar DPRD Riau.

“Kami minta DPRD Riau mengizinkan kami shalad dahulu sebelum menyampaikan orasi ini pada pimpinan DPRD Riau,” kata salah satu juru bicara masa dalam orasinya.

Karena terlibat dorong-dorongan di pagar DPRD Provinsi Riau. Kalangan mahasiswa dan polisi tampak ada yang terluka. Bahkan, Kapolresta Pekanbaru Kombes Susanto dilarikan ke rumah sakit karena terluka di kepala.

Tidak hanya itu saja mahasiwa juga melakukan aksi bakar ban di tengah jalan Sudirman dan depan pagar kantor DPRD Riau. Demi keamanan dan kelancaran pengendara bermotor, Jalan Sudirman sempat di tutup sementara.

Dalam aksinya, mahasiswa turut membawa seekor kambing yang terpasang tulisan ‘Mr President’. Ada beberapa hal yang dituntut mahasiswa dalam demo tersebut, salah satunya meminta Jokowi-JK mundur.(Tn)