Pendidikan Bupati Kasmarni Buka Pelatihan Bakti Untuk Negeri

Bupati Kasmarni Buka Pelatihan Bakti Untuk Negeri

BERBAGI

Bengkalis (Duri), Tribunriau – Bupati Bengkalis Kasmarni membuka secara resmi Pelatihan Bakti Untuk Negeri, dengan tema Urgensi Manajemen Berbasis Kompetensi Menuju Keunggulan SDM Kabupaten Bengkalis Era Digital 5.0, di Aula Pertemuan Grand Zuri Hotel Duri, Kamis (21/10/ 2021).

Menurut informasi kegiatan ini merupakan inisiasi Mahasiswa Pascasarjana Magister Manajemen Konsentrasi Pendidikan, STIE Bangkinang, dan di dukung Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis.

“Kita harapkan kegiatan ini menjadi langkah strategis kita guna membuka wawasan dan gagasan dalam merumuskan strategi yang bisa dikembangkan dalam dunia pendidikan dalam menghadapi era digital 5.0,” kata Kasmarni.

Menurut bupati, di zaman digital ini dunia pendidikan saat ini sangat memerlukan metode pembelajaran yang inovatif, kreatif, fleksibel serta penguasaan teknologi informasi.

“Apa lagi diera 5.0, peserta didik tidak cukup dibekali dengan kemampuan membaca, menulis dan berhitung, tetapi juga perlu dibekali kompetensi global yang saat ini sangat berbeda dan perlu disiapkan secara dini, sehingga mampu bersaing,” kata Kasmarni.

Tidak hanya itu, sambung bupati, para guru saat ini juga dituntut untuk menguasai ketrampilan di bidang digital. Karena hal ini sudah menjadi dasar kebutuhan guru untuk mengajar sebagai penunjang memberikan kemampuan-kemampuan agar dapat bersaing di era 5.0 ini.

“Kita juga sudah mengarahkan, agar seluruh stakholder dan pihak-pihak yang berkaitan dengan dunia pendidikan, mulai dari sekarang harus bisa merencanakan serta menerapkan metode pendidikan sesuai dengan tuntutan era 5.0. Karena untuk mewujudkan pengelolaan SDM yang efektif tetap menjadi misi utama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, hingga 5 tahun mendatang,” ujar Kasmarni.

Acara yang dibanjiri kepala sekolah dan perwakilan guru se-Kabupaten Bengkalis, melibatkan Kepala Dinas Pendidikan Bengkalis Edi Sakura dan Ketua STIE Bangkinang Dr. H Zulher, sebagai narasumber.  

Pada saat Bupati Kasmarni membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Bakti Untuk Negeri ini yang akan berlangsung selama 2 hari, terhitung 21 hingga 22 Oktober 2021, terlebihdahulu memukul gong yang sudah dipersiapkan panitia sekaligus nenyerahkan kartu tanda peserta.

Selain kehadiran Bupati Kasmarni, dalam kegiatan tersebut dihari juga, Asisten Administrasi Umum, H T. Zianuddin, Staf Ahli Bupati, Al Fakhrurrazy, Camat Mandau Riki Rihardi,  sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Pada kesempatan itu,

Bupati Bengkalis juga turut menyerahkan Surat Keputusan kepada Okta Mesi Simorangkir, sebagai tenaga kontrak Guru PJOK, di SMP Negeri 1 Bathin Solapan, karena telah berprestasi mendapatkan medali Perak pada PON 2021 di Papua Cabor Tinju.(jlr).