Kesehatan BPJS Kesehatan Lakukan Optimalisasi Sinergi Lintas Sektoral, Kepala BPJS Bengkalis Dukung Program...

BPJS Kesehatan Lakukan Optimalisasi Sinergi Lintas Sektoral, Kepala BPJS Bengkalis Dukung Program Dari Pusat

BERBAGI

Bengkalis, Tribunriau – Dalam rangka membangun ekosistem Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang ideal, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berupaya melakukan optimalisasi sinergi lintas sektoral dengan Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah, Manajemen Fasilitas Kesehatan, Tenaga Medis, Asosiasi Fasilitas Kesehatan, Organisasi Profesi, Akademisi, Pakar, dan Stakeholders JKN-KIS.

Untuk itu, BPJS Kesehatan menelurkan Program “BPJS Kesehatan Mendengar” guna menjaring berbagai masukan dan saran yang konstruktif dari para stakeholders JKN-KIS tersebut. Hal ini demi meningkatkan mutu layanan dan mendongkrak kepuasan peserta JKN-KIS. Melalui zoom meeting, Senin 8 Maret 2021.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron mengatakan, BPJS Kesehatan mendengar membantu pemerintah dalam melakukan pemetaan kebutuhan stakeholders untuk di jadikan evaluasi, masukan, dan acuan dalam mengelola Program JKN-KIS lima tahun ke depan.

Ghufron menjelaskan, pelaksanaan kegiatan “BPJS Kesehatan Mendengar” menggunakan tiga metode yaitu melalui pertemuan offline atau kunjungan langsung ke pemangku kepentingan, melalui pertemuan online, serta melalui e-Form, yakni formulir elektronik yang akan diedarkan BPJS Kesehatan untuk diisi oleh para pemangku kepentingan.

“Di samping itu, masukan tersebut juga akan kami manfaatkan untuk mengembangkan inovasi dalam rangka peningkatan mutu layanan, kepuasan peserta serta menjaga keberlangsungan Program JKN-KIS,” kata Ghufron.

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan RI, Dante Saksono Harbuwono mengatakan, sejumlah upaya yang harus dilakukan untuk menjaga sustainabilitas Program JKN-KIS antara lain dengan menyesuaikan besaran iuran, redefinisi paket manfaat JKN berbasis kebutuhan dasar kesehatan dan rawat inap standar, peningkatan kepatuhan pembayaran iuran.

Kemudian Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Bengkalis H. Fuad Cahyadi, yang memiliki 2 kantor pelayanan di wilayah Kabupaten Bengkalis, sangat siap mendukung program terkini dari Kantor Pusat sebagai masukan yang akan digunakan dalam beragam inovasi peningkatan mutu layanan, perluasan kepesertaan dan menjaga keberlangsungan Program JKN-KIS.

“Kami mengharapkan seluruh elemen masyarakat Bengkalis, bisa memanfaatkan berbagai layanan digital yang bisa dimanfaatkan peserta tanpa harus datang langsung ke kantor, yaitu Chika WA [Nomor 08118750400], Pandawa / Pendaftaran Peserta melalui WA [Nomor 082349752264], Aplikasi Mobile JKN dan Halo BPJSKes 1500400,”tutup Fuad. (jlr/disk).