Semesta Riau Antisipasi Rawan Kecelakaan di Musim Hujan, Warga Batu Panjang Rupat Minta Beberapa...

Antisipasi Rawan Kecelakaan di Musim Hujan, Warga Batu Panjang Rupat Minta Beberapa Pohon Dipangkas

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Menghadapi musim hujan yang disertai angin kencang, Ketua RT 02 RW 01 Kelurahan Batu Panjang, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkali, Rangga meminta pihak berwenang untuk memangkas beberapa pohon yang tinggi di area depan kantor Camat Rupat, Selasa (23/11).

“Untuk antisipasi angin kencang serta hujan deras, kami mengusulkan kepada Unit pelaksanaan Teknis (UPT) Perumahan dan Pemukiman Rakyat (Perkim), sebelumnya saya sudah pernah meminta supaya pohon ini, yang di depan kantor camat lama ini, ditebang, karena sangat berbahaya kalau ada angin kencang akan patah,” ujar Rangga.

Sebelumnya, Rangga sudah menemui pihak Dinas Kebersihan, namun usulan tersebut tampaknya tidak terealisasi dan ditakutkan akan menimbulkan korban.

“Saya sebagai RT sudah memberitahu keluhan masyarakat, sebelum nanti terjadi masalah dikarenakan banyak anak sekolah melintas, takutnya akan memakan korban. Yang penting saya sebagai RT sudah menyampaikan keluhan masyarakat,” jelasnya.

 

Di sisi lain, warga setempat yang biasa disapa Edi berharap agar pohon-pohon yang tinggi tersebut segera dipotong. “Karena pernah juga kejadian malam-malam, angin kencang dan hujan, kebetulan ada yang melintas pohonnya patah, korbannya lecet,” jelasnya.

“Sebagai masyarakat kita juga sudah pernah menyampaikan kepada yang pihak yang bertanggung jawab tapi belum ada tindakan, apalagi ini kawasan sekolah, banyak anak sekolahan yang melintas,” tambah Edi.

UPT Perkim Kecamatan Rupat, Mujimin ketika dikonfirmasi awak media mengatakan
pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan RT setempat.

“Kemaren kita sudah ngomong dengan RT, pak Rangga, kapan waktunya bisa kami bantu, alat-alat nya kami ada tapi dengan gotong royong masyarakat, kapan bisanya, saya sudah ngomong dengan pak Rangga, namun kemaren terputus pembicaraan belum dapat keputusan, nanti kita jumpai lagi pak Rangga dulu,” ujarnya.

“Pokoknya dalam waktu dekat ini kita turunkan tim, jadi masayarakat mohon bersabar sebentar, pokoknya dalam minggu ini kita turun ke lapangan,” pungkasnya.

Penulis: Johanes Mangunsong