Semesta Riau 2018, DPRD Dumai Tingkatkan Tugas dan Fungsi.

2018, DPRD Dumai Tingkatkan Tugas dan Fungsi.

9
BERBAGI

DUMAI, Tribunriau – Di tahun 2018, DPRD Kota Dumai akan meningkatkan tiga fungsi DPRD sebagai pengawasan, legislasi dan anggaran. Terlebih lagi fokus pada dua fungsi, yaitu pengawasan dan legislasi. Hal tersebut dikatakan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Dumai, Fridarson, Jumat (29/12)

“Pengawasan dilaksanakan melalui pengawasan atas pelaksanaan peraturan daerah dan APBD. Pengawasan terhadap pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Dumai,” ujar Fridarson.

Pengawasan juga dilakukan terhadap program pemerintah daerah yang sudah direncanakan, yang berjalan dan tertunda.

“Selain itu, kita bagaimana terbitnya peraturan daerah (perda) untuk Pemerintah Kota Dumai dan internal DPRD Dumai. Agar ketiga fungsi tersebut bisa berjalan dengan baik,” kata Fridarson.

Koordinasi dan konfrontasi antara legislatif (DPRD) dan eksekutif (Pemerintah Daerah) harus lebih ditingkatkan lagi.

“Perlunya dijalin komunikasi yang baik, sehingga legislatif dan eksekutif dapat bersinergis dalam menjalankan program pemerintah daerah,” tambah Sekwan.

Mendorong agar DPRD Kota Dumai dalam menjalankan fungsinya lebih baik, mantan Ketua DPRD Kota Dumai, Zainal Effendi mengatakan, agar lebih meningkatkan fungsi pengawasan.

“Pemerintah Daerah memiliki program yang sudah direncanakan, berjalan dan tertunda. Bagaimana DPRD Kota Dumai mampu mengingatkan pemerintah daerah terhadap program yang tertunda dan mengawasi perencanaan, serta jalannya program pemerintah sudah sesuai aturan atau tidak,” ujarnya.

Ia juga mengharapkan setiap anggota dewan mampu memperjuangkan pembangunan daerah di pemerintah pusat. Sehingga pemerintah daerah tidak serta merta mengandalkan APBD. Namun bisa mengandalkan APBN.

“Tentunya dalam mengambil APBN ada strategi yang dijalankan DPRD Kota Dumai dan Pemerintah Kota Dumai,” jelas politisi PAN itu.

DPRD dan Pemerintah Daerah sama-sama memiliki peran dalam terlaksananya pembangunan di daerah, sesuai fungsi dan tupoksinya masing-masing.(GR/tn)