Semesta Riau Wartawan dan Anggota PWI ”Sapu Bersih” Lima Posisi Komisioner KI Riau Periode...

Wartawan dan Anggota PWI ”Sapu Bersih” Lima Posisi Komisioner KI Riau Periode 2021-2025

BERBAGI

PEKANBARU- Setelah lama ditunggu, akhirnya Komisi I DPRD Riau mengumumkan para komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau periode 2021-2025. Selain Komisioner KI, DPRD juga mengumumkan nama-nama anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Riau untuk masa tugas tiga tahun kedepan.

Pengumuman lima nama anggota KI dan tujuh komisioner KPID Riau itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Riau, Ade Agus Hartanto usai Paripurna DPRD Riau tentang APBD Riau tahun 2022 di Gedung Dewan, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Senin (22/11/2021) siang. Pengumuman itu dihadiri langsung Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi didampingi Sekdaprov SH Hariyanto.

“Berdasarkan hasil pleno, kami membacakan 5 orang yang lulus untuk komisioner KI dan 7 orang untuk komisioner KPID,” jelas Ade Agus. “Selanjutnya nama-nama tersebut kami serahkan ke pimpinan DPRD untuk ditindaklanjuti,” kata Ade Agus lagi.

Kelima nama komisioner KI Riau itu masing-masing Asril Darma, Alnofrizal, Junaidi, Tatang Yudiansyah dan Zufra Irwan. Sedangkan tujuh komisioner KPID Riau adalah: Falzan Surahman, Raga Perwira, Ahmad Rayhan, Robert Satria, Bambang Suwarno, Mario Abdillah dan Hisam Setiawan.

Penetapan nama-nama anggota KI Riau memang lebih menyedot perhatian publik ketimbang KPID. Sebab, selain dikabarkan terjadi tarik-menarik yang kuat selama proses penetapan dan pleno di Komisi I DPRD pasca-fit and proper test, lima nama komisoner KI Riau yang diumumkan siang ini keseluruhannya merupakan berlatar belakang profesi wartawan.

Dari lima nama komisoner KI Riau itu tiga diantaranya adalah incumbent masing-masing Zufra Irwan, Tatang Yudiansyah dan Alnofrizal. Dua pendatang baru adalah Asril Dharma dan Junaidi. Masuknya Asril dan Junaidi menyebabkan dua komisioner lama masing-masing Jhony Setiawan Mundung dan Hasnah Gazali tersingkir kendati lolos sampai ke tahap fit and proper test.

Menariknya, kelima komisioner KI Riau periode 2021-2025 ini seluruhnya adalah wartawan. Zufra Irwan yang pada periode sebelumnya 2017-2021 diamanahkan sebagai Ketua KI Riau merupakan wartawan senior Riau dan terakhir menjabat sebagai anggota Dewan Kehormatan PWI Riau. Begitu juga dengan Tatang Yudiansyah dan Alnofrizal, keduanya juga wartawan dan anggota PWI Riau.

Lalu dua pendatang baru masing-masing Asril Dharma dan Junaidi juga begitu. Asril Dharma terakhir sebelum diamanahkan sebagai komisioner KPID Riau adalah Pemimpin Redaksi Metro Riau. Dan Junaidi, selain dosen di Universitas Islam Riau (UIR) sehari-hari juga mengelola media online Bertuah Pos.Com. Dua nama ini juga tercatat sebagai anggota PWI Riau.

Tentu semua masyarakat berharap tampilnya para wartawan sebagai garda terdepan dalam Keterbukaan Informasi Publik seperti diamanahkan pada UU nomo14 tahun 2008 akan lebih memantapkan pelaksanaan transparansi pada badan-badan publik baik badan publik pemerintah maupun non-pemerintah di provinsi Riau.

Selamat mengemban tugas di Komisi Informasi buat para wartawan terbaik Riau. Semoga amanah!.

Sumber: MataPers