Hukrim Warga Rohil dan 10 Ton Kayu Olahan Jenis Meranti Diamankan Polres Dumai

Warga Rohil dan 10 Ton Kayu Olahan Jenis Meranti Diamankan Polres Dumai

3
BERBAGI

DUMAI, Tribunriau – Jajaran Polsek Sungai Sembilan Kota Dumai berhasil mengamankan kayu olahan jenis Meranti sebanyak 10 ton yang tidak dilengkapi dokumen resmi, dan satu unit Tongkang merk Rizki, serta MA (42) tahun, Warga Kabupaten Rohil sebagai pembawa kayu tersebut.

Kapolres Dumai AKBP Donald Happy Ginting menjelaskan, pada Rabu tanggal 30 Agustus 2017 sekitar pukul 14.00 Wib pelapor dan saksi yang merupakan anggota Polri, mendapat informasi dari masyarakat bahwa di Sungai Teluk Dalam RT 08 Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sei Sembilan, ada satu unit kapal tongkang hendak menarik kayu olahan yang sudah dirakit oleh pemiliknya MA.

Setelah mendapatkan informasi tersebut pelapor bersama saksi langsung berangkat menuju Sungai Teluk Dalam  dan sekira pukul 19.00 Wib pelapor bersama saksi langsung melakukan penangkapan terhadap MA dan menyita barang bukti berupa satu unit kapal tongkang merk KM Rizki, serta 10 ton kayu olahan jenis meranti.

Kapolres mengatakan, pengamanan MA bersama barang bukti karena terkait tindak pidana mengangkut, menguasai atau memiliki hasil hutan yang tidak dilengkapi bersama-sama dengan surat keterangan hasil hutan. Ini melanggar Pasal, 78 ayat (7) UU RI No.41 Tahun 1999 tentang Kehutanan. Pelaku bisa diancam dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 10.000.000.000,00 (sepuluh milyar rupiah).

Selanjutnya MA dan barang bukti dibawa ke Polsek Sei Sembilan guna di proses lebih lanjut.(Tn)