Ekonomi Tiga Tahun Belakangan, Indonesia Tak Ada Impor Beras

Tiga Tahun Belakangan, Indonesia Tak Ada Impor Beras

BERBAGI

Tribunriau- Selama tiga tahun belakangan ini, Indonesia tidak mengimpor beras, demikian postingan akun Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, Sabtu (27/3).

Demikian juga kedepan hingga bulan Juni 2021, ditegaskan Presiden Jokowi, Indonesia tidak akan mengimpor beras.

“Selamat malam. Saya mengikuti perbincangan soal impor beras beberapa hari ini. Saya perlu tegaskan bahwa tidak akan ada impor komoditas beras hingga bulan Juni mendatang. Selama hampir tiga tahun belakangan ini, Indonesia juga tidak mengimpor beras,” tulisnya mengawali postingan.

Dijelaskan Jokowi, Indonesia dengan Vietnam dan Thailand memang menandatangani nota kesepahaman, namun bukan berarti langsung mengimpor beras.

“Memang, saat ini terdapat nota kesepahaman antara Indonesia dengan Thailand dan Vietnam. Nota kesepahaman itu adalah opsi yang dapat ditempuh sewaktu-waktu. Kita berjaga-jaga di tengah situasi pandemi yang penuh ketidakpastian saat ini,” lanjutnya dalam postingan yang sama.

Dikatakannya juga, pada panen raya mendatang, Presiden telah memerintahkan Menteri Keuangan untuk menyiapkan anggaran agar beras dari petani dapat diserap oleh Bulog.

“Pada panen raya mendatang ini, beras petani akan diserap oleh Perum Badan Urusan Logistik (Bulog). Saya telah memerintahkan Menteri Keuangan untuk menyiapkan anggaran yang diperlukan untuk penyerapan beras dari petani lokal tersebut,” ujarnya mengakhiri postingan.

Penulis: Iskandar Zulkarnain

https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=1769929566529218&id=390581294464059