Hukrim Terkait Korupsi Senilai Rp3,9 Miliar Di Terminal Barang Dumai, Polda Riau Tahan...

Terkait Korupsi Senilai Rp3,9 Miliar Di Terminal Barang Dumai, Polda Riau Tahan 3 Tersangka

4
BERBAGI

PEKANBARU, Tribunriau – Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, menahan tiga orang terkait Korupsi yang diduga terjadi di Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Dumai tahun 2015-2016 lalu. Salah seorang diantaranya, saat itu menjabat Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT). Negara dirugikan senilai Rp3,9 Miliar.

Penahanan terhadap ketiga tersangka itu disampaikan langsung oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, AKBP Gidion Arif Setyawan, Rabu (18/10) malam. Ketiga tersangka adalah IS selaku Kepala UPT, AB selaku bendahara penerima pembantu periode Januari-Maret 2015, dan HH selaku bendahara UPT. Mereka sudah ditahan di Polda Riau, dan akan segera dilimpahkan (Tahap II) ke Kejaksaan.

“Kasus Korupsinya pada UPT Terminal Barang di Dumai. Modusnya, Kepala UPT meminjam/menggunakan uang kutipan atau pajak yang sudah dikutip, itu berlangsung selama satu tahun dengan total kerugian negara senilai Rp3,9 Miliar,” ungkap Gidion pada wartawan.

Sebelumnya, pihak Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Riau sempat tidak menjelaskan terkait identitas ketiga tersangka itu, meski penanganan perkaranya sudah tahap P-21 (Berkas Dinyatakan Lengkap).

Cuma yang dijelaskan, bahwa penyimpangan yang dilakukan para tersangka adalah dengan tidak menyetorkan uang yang seharusnya masuk ke kas negara.

“Terhadap tersangka, juga sudah kita lakukan penahanan, selanjutnya kita akan lakukan pemberkasan sehingga bisa dapat dilakukan proses Tahap II (Pelimpahan tersangka dan barang bukti, red) kepada pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Riau,” tutup Gidion.(GR/Tn)