Lingkungan Sekitar 2000 Ton Minyak Stearin Milik Wilmar Tumpah Hingga Meluber ke Laut...

Sekitar 2000 Ton Minyak Stearin Milik Wilmar Tumpah Hingga Meluber ke Laut Dumai

BERBAGI

DUMAI, Tribunriau-
Sekitar 2000 Ton minyak stearin milik PT Wilmar yang berada di Jalan Datuk Laksmana tumpah ruah menggenangi area kerja hingga meluber ke laut Dumai, Kamis (16/07/15).

Kepala Bagian Humas PT Wilmar, Marwan membenarkan kejadian tersebut. “Benar, tepatnya Kamis siang sekitar Pukul 14.00 WIB, sekitar 500 Ton dan 2000 Ton minyak stearin tumpah ruah di area PT Wilmar Jalan Datuk Laksmana hingga meluber ke tepian laut Dumai,” ujarnya kepada Tribunriau, Minggu (19/07/15).

Namun, ditambahkan Marwan, pihaknya telah berupaya untuk mensterilkan tepian laut Dumai dengan cara memungut tumpahan minyak stearin yang mengkristal ketika tercampur dengan air.

Ketika ditanya tentang dampak terhadap lingkungan khususnya wilayah laut Dumai, dikatakan Marwan pihaknya mencoba meminimalisir dampak buruk terhadap lingkungan.

“Dampaknya tentu ada, namun kita sudah berupaya untuk meminimalisir dampak buruk yang akan terjadi,” jelasnya.

Pihak Wilmar juga telah menghubungi Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Dumai atas insiden tersebut dan pihak KLH pun telah turun ke lapangan.

“Secara lisan kita sudah sampaikan kepada KLH atas insiden tersebut dan pihak KLH juga telah turun ke lapangan untuk melihat situasi yang terjadi,” katanya.

Rencananya, pada hari Rabu (22/07/15) esok, pihak Wilmar akan menggelar konfrensi pers untuk menjelaskan secara detail terkait insiden tersebut. (isk)