Hukrim Sebanyak 29 Orang Preman dan Dugaan Pungli Diamankan Polisi

Sebanyak 29 Orang Preman dan Dugaan Pungli Diamankan Polisi

BERBAGI

Bengkalis (Duri), Tribunriau – Untuk menunjukkan keseriusan Polres Bengkalis dalam memberantas premanisme dan pungutan liar (Pungli) di Kabupaten Bengkalis, sesuai instruksi Kapolri baru-baru ini, Sat Reskrim Polres Bengkalis telah berhasil mengamankan sebanyak 29 orang, dan menggelar press release, di halaman Mapolsek Mandau, Selasa (15/ 06/21) sekira pukul 16:00 WIB.

Press Release tersebut langsung dipimpin oleh Kasat Reskrim Polres Bengkalis AKP Meki Wahyudi, didampingi oleh Kasat Sabhara AKP Basuki Yunarto, Kanit Reskrim Polsek Mandau Iptu Firman Fadhila, dan Panit Reskrim Polsek Pinggir Ipda Gogor Ristanto.

Pada kesempatan itu Kasat Reskrim mengatakan, bahwa pihaknya telah berhasil mengamankan warga yang terlibat aksi premanisme. Aksi tersebut dinilai sangat meresahkan. 

“Sampai saat ini, selama 3 hari kami berhasil mengamankan sebanyak 29 orang yang diduga berperan sebagai premanisme dan pungli, dan dari 29 orang ini kami menetapkan 4 orang diantaranya sebagai tersangka atas laporan polisi,” kata Meki.

Dilanjutkan Kasat Reskrim, untuk 4 orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka sesuai dengan laporan polisi itu, saat ini 1 (satu) laporan diproses di Polres Bengkalis, 2 (dua) di Polsek Mandau dan 1 (satu) lagi di Polsek Pinggir.

“Di sini yang dianggap sebagai Premanisme konteksnya adalah seperti kejadian yang berawal dari aksi saling tatapan di jalan, kemudian ada percekcokan dan saling dorong – dorongan serta pemukulan. Juga ada suatu pernyataan dengan adanya pengancaman dari yang terlapor terhadap pelapor, selain itu untuk aksi premanisme ini dominan adalah anak-anak jalanan dan akan dilakukan pembinaan intensif,” ungkap Meki.

Untuk kasus pungli, sambungnya, yang turut diproses polisi, penangkapan itu dilakukan di kawasan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) Simpang Bangko.

“Sanksinya dari laporan pemerasan pasal 368 KUHP dan penganiayaan 351 KUHP. Selama Kegiatan berlangsung situasi aman terkendali,” tutup Meki.