Semesta Riau Sebanyak 29.000 E-KTP Dimusnahkan Disdukcapil

Sebanyak 29.000 E-KTP Dimusnahkan Disdukcapil

BERBAGI

Bengkalis, Tribunriau – Diperkirakan sejumlah 29 ribu lebih Kartu Tanda Penduduk Elektronik, Kartu Indentitas Anak (KIA), dan surat dokumen sementara, dimusnahkan oleh pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis.

Cara pemusnahan dilakukan dengan memasukkan KTP dan dokumen ke dalam drum lalu dibakar, disaksikan langsung oleh Bhabinkamtibmas Sektor Bengkalis dan Inspektorat Bengkalis, Kamis, 18 Februari 2021, di Halaman Kantor Disdukcapil Jalan Pertanian Bengkalis.

Dijelaskan Kepala Disdukcapil Ismail, yang diwakili Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Suiswantoro mengatakan, bahwa pemusnahan KTP dan dokumen sejak tahun 2019 dan 2020 adalah merupakan yang belum sempat dimusnahkan pada periode yang lalu.

“Secara ketentuan kita dituntut untuk memusnahkan perhari, namun sepertinya tidak mungkin dilaksanakan makanya kita laksanakan secara periode 3 atau 6 bulan sekali dengan melibatkan sejumlah saksi,” sebut Suiswantoro.

“Pemusnahan dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri tentang penatausahaan KTP-el rusak atau valid,” terang Suiswantoro.(disk).