Semesta Riau PWI Riau Akan Kembali Gelar UKW Desember ini

PWI Riau Akan Kembali Gelar UKW Desember ini

4
BERBAGI

PEKANBARU, Tribunriau – Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Angkatan IX akan digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau, di Pekanbaru, 15-16 Desember 2017. UKW ini bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kualitas wartawan anggota PWI di Provinsi Riau.

Ketua PWI Provinsi Riau H Zulmansyah Sekedang mengatakan, kegiatan ini selaras dengan program kerja Dewan Pers dalam meningkatkan kualitas wartawan.

Menurutnya, perkembangan informasi yang disajikan ke masyarakat tidak terlepas dari peran wartawan. Oleh karena itu, agar informasi yang beredar ke masyarakat semakin berkualitas, maka dibutuhkan peningkatan kualitas kerja para wartawannya.

“Ini merupakan bagian dari tanggung jawab PWI terhadap bangsa dan negara,” ujar Zulmansyah Sekedang, Senin (13/11), di Gedung PWI Provinsi Riau. UKW adalah bagian dari upaya sistematis dan terukur untuk menjaga profesionalitas dan kehormatan profesi wartawan.

Dengan demikian UKW boleh disebut sebagai standar keprofesionalan wartawan. Terkait hal itu, sebut Zulmansyah, PWI Provinsi Riau membuka kesempatan dan mengajak para wartawan di Kota Pekanbaru khususnya dan Provinsi Riau umumnya, untuk mengikuti UKW.

Dalam kesempatan sama, Ketua Panitia UKW Angkatan IX PWI Provinsi Riau H Novrizon Burman mengatakan, pada kegiatan UKW akan disiapkan tiga jenjang, yakni muda, madya, dan utama. Masing-masing tingkatan terdiri dari dua kelas. Peserta Muda dikenakan biaya Rp800 ribu, Madya Rp900 ribu, dan Utama Rp 1 juta.

Menurutnya, undangan untuk mengikuti UKW akan disebar ke seluruh media massa. “Kita akan mengirimkan undangan ke redaksi-redaksi, sementara undangan dan pemberitahuan ke perwakilan-perwakilan PWI di kabupaten/kota di Riau, akan disampaikan oleh Sekretariat PWI Riau,” jelas Novrizon.

Mengingat terbatasnya kuota peserta, pihaknya berharap rekan-rekan wartawan segera mendaftarkan ke Sekretariat PWI Provinsi Riau, Jalan Arifin Ahmad Pekanbaru. Pendaftaran telah dibuka mulai tanggal 14 November 2017, dan akan ditutup pada 12 Desember 2017. Peserta yang berminat juga bisa menghubungi saudara Abdul Gafur di 08127531635 dan Dona 085265904870.(rls)