Hukrim Polda Riau Imbau Warga Hindari Kumpul-Kumpul, Sebaiknya Dirumah Saja

Polda Riau Imbau Warga Hindari Kumpul-Kumpul, Sebaiknya Dirumah Saja

BERBAGI

Foto : Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto.

Pekanbaru, Tribunriau – Dalam rangka menyambut Tahun Baru 1 January 2022, Kepolisian Daerah (Polda) Riau mengimbau warga agar menghindari kegiatan kumpul-kumpul saat malam tahun baru pada Jumat (31/12/2021) malam.

Imbauan itu meminta, sebaiknya masyarakat di rumah saja. Mengingat saat ini pandemi covid-19 belum lagi usai. Apalagi, sekarang Indonesia sedang mewaspadai mutasi baru covid-19 varian Omicron.

“Kita semuanya harus terus bekerja sama untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 ini. Sebaiknya tidak usah bepergian keluar rumah saat malam pergantian tahun kalau tidak ada kepentingan,” pesan Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, Kamis (30/12/2021).

“Tetap jalankan protokol kesehatan (prokes). Untuk masyarakat yang belum vaksin, kita juga imbau untuk segera vaksin, dengan memanfaatkan gerai vaksin yang disediakan. Baik oleh Polri maupun pihak lainnya,” imbuh Sunarto.

Lebihlanjut diterangkan Perwira Menengah Polri berpangkat bunga melati tiga ini, kepolisian juga akan melakukan tugas secara optimal bersama stake holder terkait, dan sejumlah upaya akan dilakukan untuk mengantisipasi pergerakan masyarakat, yang berpotensi memicu kerumunan. Salah satunya adalah dengan melaksanakan patroli, khusus ke titik-titik yang dikhawatirkan menimbulkan keramaian.

Jika ditemukan, polisi tentu akan mengambil langkah tegas untuk membubarkan kerumunan yang berpotensi melanggar protokol kesehatan.

“Petugas juga akan mengingatkan terkait penerapan protokol kesehatan. Utamanya perihal penggunaan masker. Ini penting demi keselamatan kita bersama,” sebut Sunarto.

Sejumlah personel, sambungnya, akan diterjunkan untuk melakukan pengamanan pada malam pergantian tahun 2022 nanti.

“Sekitar 2.563 personel gabungan dari unsur Polri, TNI, dan instansi lainnya dilibatkan dalam Operasi Lilin Lancang Kuning 2021. Operasi ini digelar dalam rangka pengamanan kegiatan ibadah Natal dan termasuk Tahun Baru (Nataru) 2022.

Ada 34 pos pengamanan dan 14 pos pelayanan yang didirikan, tersebar di sejumlah titik di Bumi Lancang Kuning. Tim vaksinator ditempatkan di pos pelayanan, untuk melayani masyarakat yang akan vaksin,” jelas Sunarto.(jlr/rls).