Semesta Riau Penyerahan Akta Perkawinan Perdana di HKBP Dame dan Pardomuan

Penyerahan Akta Perkawinan Perdana di HKBP Dame dan Pardomuan

BERBAGI

Bengkalis (Duri), Tribunriau – Hari ini Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui UPTD Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) menyerahkan akta perkawinan secara sipil kepada dua pasangan yang menerima pemberkatan dari Tuhan, di gereja HKBP dengan alamat yang berbeda, yaitu di Kecamatan Mandau dan Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Sabtu (19/06/21).

Acara perkawinan yang pertama yaitu, antara Yosep Rio Ganda Agustian Siahaan dengan Iramaya br Simbolon, di gereja HKBP Dame, Jl.Bathin Betuah, Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis.

Petugas dari UPTD Dukcapil Mandau, Anto dan Azwir menyerahkan langsung kepada kedua mempelai yang berbahagia tersebut, disaksikan Pdt.Donni P.Tambunan, para Sintua, orangtua dan saksi dari pengantin,  Pdt Renhart Siahaan selaku Ketua BKAG (Badan Kerjasama Antar Gereja) Kabupaten Bengkalis dan Sabarman Damanik selaku Humas BKAG.

Pada kesempatan itu selalu orangtua pengantin pria, Manarsal Siahaan mengatakan, bahwa ia merasa sangat gembira dan berterimakasih kepada pihak pemerintah baik itu Bupati Kasmarni, Kadis Dukcapil Bengkalis Ismail dan khususnya Ka.UPT Dukcapil Mandau, Irdawati, serta pengurus BKAG Kabupaten Bengkalis.

“Baru kali ini dilakukan pihak pemerintah melalui UPTD Dukcapil yang langsung datang ke gereja HKBP Dame ini, untuk memberikan akta perkawinan kepada anak kami, pasangan yang baru menikah.Saya selaku orangtua dari pengantin laki-laki sangat terbantu dalam hal ini.Karena kami tidak perlu repot-repot lagi mengurus akta perkawinan dikemudian hari,” ucap M.Siahaan.

Selanjutnya acara penerimaan pemberkatan dari Tuhan pasangan Apangadilan Sinaga dengan Rio Sartika br Siregar, di gereja HKBP Pardomuan, Jl.Gereja Sebanga, Kelurahan Titian Antui, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.

Perwakilan UPTD Dukcapil Pinggir, Herman Bancin langsung menyerahkan akta perkawinan dan KK (Kartu Keluarga) baru kepada kedua mempelai, disaksikan Pdt.Halomoan E.Hutagaol, S.Th, St.J.Siregar, St.Situmeang, orangtua dan saksi dari kedua mempelai, serta pengurus BKAG Kabupaten Bengkalis.

Pada kesempatan itu pula, St.Situmeang selaku Sintua di gereja tersebut mengungkapkan rasa bangganya kepada pemerintah.

“Kami sangat terbantu dalam hal ini, terimakasih banyak kepada Bupati Kasmarni yang sudah memperhatikan keluhan warga selama ini.Sekarang sudah diwujudkan salah satu programnya waktu kampanye pada Pilkada 2020 lalu.Tentu kami akan selalu siap menjalin kerjasama yang baik kepada pihak BKAG dalam pengurusan akta perkawinan, bila ada jemaat yang akan menikah dikemudian hari,” sebut Situmeang dan didukung J.Siregar.

Ditempat terpisah Pdt.Renhart Siahaan didampingi Sabarman Damanik mengungkapkan juga, bahwa program Kasmarni dan Bagus Santoso sebenarnya sudah beberapa poin dijalankan.Salahsatunya program penyerahan akta perkawinan secara sipil (gratis) langsung kepada kedua mempelai di gereja.

Untuk sistem pengurusannya, pihak pengantin memberitahukan kepada pihak mereka (BKAG) dan diteruskan ke Dukcapil.

“Kepada masyarakat umat Kristen di Kabupaten Bengkalis, bila ada anaknya mau menikah bisa diberitahukan kepada kami dengan alamat BKAG, Jl.Gajahmada KM 4 Sebanga Duri, Kelurahan Titian Antui, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis.Kami siap membantu dan mendampingi para umat kristen, harapan kami kegiatan ini bisa berkelanjutan terus,” kata R.Siahaan dan didukung Sabarman.(jlr).