Nasional PD Soroti Kedubes Inggris Pasang Bendera LGBT: Hormati Norma Luhur

PD Soroti Kedubes Inggris Pasang Bendera LGBT: Hormati Norma Luhur

BERBAGI

Jakarta

Kedubes Inggris di Jakarta sempat mengibarkan bendera LGBT+. Partai Demokrat (PD) menyayangkan hal tersebut.

“Hubungan Indonesia-Inggris sejauh ini baik. Tapi tentu kedua negara harus saling menghormati norma-norma luhur yang hidup di masing-masing masyarakatnya,” ujar anggota Komisi I DPR RI Rizki Natakusumah kepada wartawan, Sabtu (21/5/2022).

Rizki mengatakan sikap saling menghormati itu penting. Ia berharap kejadian ini tidak sampai menimbulkan kekisruhan di masyarakat.

“Tentu (pengibaran bendera LGBT+) sangat disayangkan karena ini menyangkut hal yang cukup sensitif yang seharusnya tidak perlu menjadi polemik tambahan di tengah keresahan masyarakat Indonesia yang saat ini sering diterpa isu identitas,” kata Rizki.

Rizki kemudian meminta Kemenlu untuk aktif berkomunikasi dengan sejumlah perwakilan negara. “Jadi intinya komunikasi yang lebih baik dan proaktif perlu dijalin oleh Kemlu dengan perwakilan-perwakilan negara sahabat di Indonesia agar mereka memahami karakter masyarakat lokal,” jelas Rizki.

Sebelumnya, kantor Kedutaan Besar Inggris untuk Indonesia yang berkedudukan di Jakarta sempat mengibarkan bendera pelangi LGBT. Namun kini bendera LGBT itu telah dicopot dan diganti dengan bendera Ukraina.

Sementara soal bendera LGBT, akun Instagram resmi Kedutaan Inggris untuk Indonesia memberikan keterangannya. Pengibaran bendera warna-warni itu untuk memperingati hari anti-homofobia, 17 Mei.

“Kemarin, pada Hari Internasional Melawan Homofobia, Bifobia, dan Transfobia (IDAHOBIT) – kami mengibarkan bendera LGBT+ dan menggelar acara, demi kita semua yang merupakan bagian dari satu keluarga manusia,” demikian keterangan Kedutaan Besar Inggris untuk RI via akun resmi Instagram-nya.

Sikap pemerintah Inggris jelas, mendukung LGBT. Mereka mendesak masyarakat internasional untuk menghapus diskriminasi berdasarkan orientasi seksual dan identitas gender. Inggris mendukung keberagaman dan toleransi.

“Kami mendesak negara-negara untuk mendekriminalisasi hubungan seks sejenis yang konsensual, dan untuk memperkenalkan undang-undang yang melindungi orang-orang LGBT+ dari segala bentuk diskriminasi,” kata Kedutaan Inggris.

(isa/idh)

Sumber: DetikNews