Nasional Gerindra Sambut CFD Jakarta: Jangan Meludah dan Batuk Sembarangan

Gerindra Sambut CFD Jakarta: Jangan Meludah dan Batuk Sembarangan

BERBAGI

Jakarta

Gerindra mengusulkan agar masyarakat yang mengikuti Car Free Day (CFD) atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta untuk tetap mengutamakan protokol kesehatan. Gerindra menyarankan warga untuk tidak meludah dan batuk sembarangan.

“Jangan lepas kebiasaan hidup lebih tertib dan sehat semasa pandemi ya terus diterapkan, prokes tetap jangan kendor walau masker sudah agak longgar aturannya ya tapi tetap lihat situasi dan kondisi bila memang lebih baik pakai masker walau di luar ruangan, prokes yang lainnya juga tetap dijalankan,” ujar Ketua Fraksi Gerindra DPRD DKI Rani Mauliani ketika dihubungi, Sabtu (21/5/2022).

Rani yakin dengan semakin longgarnya aturan dan CFD yang kembali digelar, endemi akan segera hadir. Masyarakat, harap Rani, semoga bisa terlepas dari kekhawatiran serta dijauhkan dari virus-virus baru.

Pemprov DKI Jakarta, tegas Rani, perlu memberikan contoh. Terutama dalam menjalankan pola hidup sehat.

“Imbauan masker saja tentunya belum lah cukup tanpa memikirkan solusi agar para lansia dan orang-orang yang berkomorbid tertentu terus bisa menjaga imunitasnya agar tidak mudah terpapar ataupun membuat komorbidnya mudah kambuh,” imbuh Rani.

“Yuuk, semangat!! Selama hari bebas mobil, enjoy dan tetap jangan buang sampah, meludah dan batuk sembarangan,” lanjutnya.

Wajib Scan PeduliLindungi

Sebelumnya, Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan para pengunjung CFD diwajibkan untuk scan QR code PeduliLindungi atau menunjukkan sertifikat vaksin COVID-19 kedua. Syafrin mengimbau masyarakat agar taat protokol kesehatan.

“Pengunjung diwajibkan untuk scan QR code PeduliLindungi atau menunjukkan minimal sertifikat vaksin kedua,” ujar Syafrin.

Syafrin menegaskan CFD hanya untuk olahraga. Tidak boleh ada yang berjualan di sana.

“HBKB terbatas boleh dilakukan hanya untuk kegiatan olahraga. Di lokasi juga akan kami pastikan tidak ada kegiatan partisipan dan pedagang kaki lima (PKL),” lanjut Syafrin.

Berikut ini daftar 6 lokasi CFD Jakarta:

1. Jalan Jenderal Sudirman-Jl MH Thamrin
(Patung Arjuna Wijaya s.d. Patung Pemuda Membangun)
2. Jalan Sisingamangaraja (Patung Pemuda Membangun sampai CSW), Jakarta Selatan
3. Jalan Tomang Raya (Simpang Tomang sampai Business Hotel Tomang), Jakarta Barat
4. Jalan Danau Sunter Selatan (Simpang Karya Beton sampai GOR Sunter), Jakarta Utara
5. Jalan Suryo Pranoto (Simpang Harmoni sampai Simpang RSUD Tarakan), Jakarta Pusat
6. Jalan Pemuda (Simpang Arion sampai Simpang TU-GAS), Jakarta Timur.

(isa/dnu)

Sumber: DetikNews