Ekonomi Pada Rakor Forum TJSP Bupati Singgung CSR Perusahaan Turun

Pada Rakor Forum TJSP Bupati Singgung CSR Perusahaan Turun

BERBAGI

Bengkalis (Duri), Tribunriau – Pada acara rapat kordinasi Forum TJSP, Bupati Bengkalis Kasmarni mengajak pihak perusahaan di Kabupaten Bengkalis untuk mensinergikan program pembangunan daerah, dengan pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP), dalam mendukung percepatan pembangunan daerah. Karena pembangunan saat ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah semata, namun juga menjadi tanggung jawab semua pihak, baik itu dunia usaha maupun masyarakat, di Ball Room Hotel Surya Duri, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Rabu (08/12/21).

Menurutnya, salah satu langkah strategi dalam pembangunan adalah adanya keterlibatan dan dukungan dari dunia usaha melalui TJSP, yang sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama pada keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki pemerintah saat ini.

“Tentunya sangat memerlukan komitmen dan kepedulian pihak perusahaan, untuk berpartisipasi dalam mewujudkan visi pembangunan daerah, untuk mewujudkan Kabupaten Bengjalis bermarwah, maju dan sejahtera,” sebut Kasmarni.

Ditambahkannya, sebenarnya untuk Kabupaten Bengkalis sendiri, TJSP telah mulai berjalan tetapi dalam pelaksanaan programnya dirasakan belum optimal, karena belum ditetapkannya program TJSP serta minimnya keterlibatan masyarakat, dalam merencanakan program TJSP yang tepat dan bermanfaat untuk masyarakat.

“Guna mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah membentuk Forum TJSP sebagai wadah kerjasama dalam perencanaan pembangunan yang terarah dan tepat sasaran, serta sebagai fasilitator pelaksanaan program TJSP, agar perusahaan dapat beroperasi dengan lancar dan mendapat laba sesuai yang ditargetkan dalam kebijakan,” kata Kasmarni.

Bupati juga menyoroti mengenai CSR (Corporate Social Responsibility) perusahaan kepada masyarakat semakin menurun.

“Yangmana, dana CSR perusahaan dari tahun 2019, 2020 dan 2021 menurun, mungkin karena situasi pandemi covid-19,” ujar Kasmarni, dan membuka secara resmi forum TJSP.

Setelah selesai acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan dari narasumber Jondi Indra Bustian.

Tampak hadir diacara, Staf Ahli Bupati Bengkalis Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri, Plt Kepala Bappeda Bengkalis Rinto, Tenaga Ahli Bappeda Jondi Indra Bustian dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah, Pimpinan Perusahaan di Kabupaten Bengkalis, beberapa anggota DPRD