Pendidikan LBH Ananda Gelar Sosialisasi Penyuluhan Hukum di Kepenghuluan Sintong Makmur

LBH Ananda Gelar Sosialisasi Penyuluhan Hukum di Kepenghuluan Sintong Makmur

5
BERBAGI

ROHIL, Tribunriau- Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Ananda yang diPimpin oleh Fitriani SH menggelar sosialisasi Penyuluhan Hukum untuk masyarakat yang tidak mampu di Kepenghuluan Sintong Makmur, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Kamis (13/07/2017)

Acara bertema “Bantuan Hukum Cuma-cuma untuk masyarakat tidak mampu” sesuai dengan Undang-undang No.16 Tahun 2011. Penghulu Sintong Makmur Guzali Safi’i dalam kata sambutanya mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan LBH Ananda Fitriani SH beserta semua panitia. “Karena masyarakat saat ini, khususnya di Kepenghuluan Sintong Makmur masih banyak yang kurang paham dan mengerti tentang hukum,” ucapnya.

Fitriani dalam kata sambutanya menyampaikan, sosialisasi penyuluhan Hukum diadakan agar masyarakat awam paham dan mengerti tentang bantuan hukum secara cuma-cuma.

“Bantuan hukum merupakan pekerjaan jasa yang Profesional, yang juga bekerjasama dengan Pemerintah Pusat dan bekerjasama dengan Kementrian Hukum dan HAM Indonesia, karena negara menjamin untuk masyarakat miskin dalam bantuan hukum dan keadilannya, sesuai dengan Undang-undang No.16 Tahun 2011,” urainya.

Tujuan bantuan hukum ini, lanjutnya, untuk menjamin dan memenuhi hak penerima bantuan hukum, membantu mulai dari awal menangani perkaranya sampai dengan selesai. “Bantuan hukum ini berdasarkan azas keadilan, serta kesamaan di depan hukum,” paparnya.

Narasumber lainnya, Danil Pratama SH juga menyampaikan bahwa setiap orang berhak menerima bantuan hukum dan sama di depan hukum, sesuai dengan Undang-undang No.16 Tahun 2011. “Hak-hak yang menerima bantuan hukum wajib memberi keterangan tentang hukum,” ucapnya.

Bagi masyarakat yang menerima bantuan hukum secara cuma-cuma wajib memenuhi prosedur atau persyaratan yang sudah ditentukan, seperti data KTP, surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.

Pada sesi tanya jawab bersama masyarakat Kepenghuluan Sintong Makmur, salah seorang masyarakat Bambang Junaidi mengucapkan terimakasih atas acara yang digelar oleh LBH Ananda untuk masyarakat yang tidak mampu. “Karena banyak ilmu dan pengetahuan yang kita tahu tentang hukum, kami masih banyak yang belum paham dan mengerti masalah hukum ini,” ucapnya.

Turut hadir Penghulu Sintong Makmur Guzali Safi’i, Sekdes Kepenghuluan Sintong Makmur Rahmad Saputra S.Pdi, tokoh masyarakat serta tokoh pemuda.(TO)