Ekonomi Hingga Desember, BPN Batam Optimis Capai 20Ribu Pendaftaran Sertifikat Tanah

Hingga Desember, BPN Batam Optimis Capai 20Ribu Pendaftaran Sertifikat Tanah

BERBAGI

BATAM, Tribunriau- Hingga 14 Desember 2017 mendatang, Kepala Badan Pertanahan Negara (BPN) Batam, Asnaedi merasa optimis dapat mencapai angka 20Ribu pendaftar dalam pengurusan sertifikat tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistim Langsung (PTSL).

“ini dapat tercapai melalui kerjasama masyarakat, dan pegawai BPN dengan tidak mengenal waktu dari pagi sampai tengah malam lebih pegawai kita terus merekap berkas kavling warga,” ujarnya di kantor cabang pembantu BPN, Jumat (17/11/2017).

Selain itu, kebijakan yang baru dinilai mendapat respon positif dari masyarakat, yaitu dibolehkannya membayar WTO terhutang.

“Ini merupakan salah satu kebijakan yang baru, membolehkan pembayaran WTO terhutang, sehingga program ini mendapat respon masyarakat yang mendiami kavling KSB Batam dan program ini dapat terealisasi,” ujar Asnaedi yang sedang memantau kinerja pegawai dalam melayani masyarakat yang mengurus sertifikat tanah.

Dijelaskannya, setelah pembuatan sertifikat selesai, dokumen akan diberikan langsung kepada masyarakat dan jika terjadi transaksi atas tanah, masyarakat diwajibkan membayar WTO terlebih dahulu.

Bagi rumah yang belum dialiri listrik, lanjut Asnaedi, juga dapat mengurus sertifikat. “Namun tetap akan disurvei terlebih dahulu,” pungkas Asnaedi. (pilian)