Lingkungan Dugaan Pencemaran Lingkungan oleh PT IBP, Temuan Warga Seolah Dikesampingkan

Dugaan Pencemaran Lingkungan oleh PT IBP, Temuan Warga Seolah Dikesampingkan

57
BERBAGI

DUMAI, Tribunriau- Temuan warga yang didokumentasikan dalam bentuk video terkait dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan PT Inti Benua Perkasatama (IBP) sepertinya dikesampingkan oleh pihak berwenang, dalam kasus ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Dumai.

Meskipun beberapa waktu yang lalu Komisi III DPRD Kota Dumai dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) sudah melakukan sidak ke PT IBP, namun dalam sidak tersebut, tak seorangpun dari tim sidak menanyakan keberadaan lokasi seperti di dalam video yang sudah tersebar.

Pantauan Tribunriau, setelah tim sidak mengunjungi PT IBP dan juga Komisi III DPRD Dumai setelah itu mengunjungi Kementerian Lingkungan Hidup, belum ada tanda-tanda atau aksi yang dilakukan untuk menyelediki kebenaran video terkait dugaan pembuangan limbah berbahaya ke laut Kota Dumai.

Pengirim video dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan PT IBP, ketika dihubungi Tribunriau beberapa waktu yang lalu mengaku bahwa setelah terbit beberapa pemberitaan tentang Dugaan PT IBP membuang Limbah ke Laut Dumai, dirinya tak lagi melihat cairan hitam keluar dari “pipa siluman” yang diduga milik PT IBP.

“Setelah pemberitaan dan mungkin untuk antisipasi tim sidak, pipa itu tak lagi mengeluarkan cairan hitam,” ujarnya.

Namun, dijelaskannya, tidak tertutup kemungkinan PT IBP melakukan hal yang serupa di kemudian hari. “Bisa jadi hanya sementara, nanti jika kasus sudah redam, mereka (PT IBP, red) berulah lagi,” jelasnya.

Dirinya berharap, pihak berwenang dapat menindak lanjuti video tersebut, yaitu dengan mencari lokasi ‘Pipa Siluman’ yang jelas dan tampak dalam video yang dikirimkannya.

“Kenapa tak pipa itu yang diselediki, harusnya itu yang jadi fokus utama,” ujarnya berharap agar pihak berwenang kembali menelusuri dugaan pencemaran lingkungan yang dilakukan oleh PT IBP. (red)