Semesta Riau Demi Tercapainya Peradilan Agung, PN Rohil Terus Berbenah

Demi Tercapainya Peradilan Agung, PN Rohil Terus Berbenah

5
BERBAGI

ROHIL, Tribunriau- Pengadilan Negri Rokan Hilir yang beralamat di Kelurahan Banjar X11, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terus berbenah, baik sarana maupun prasaran demi tercapainya badan peradilan yang agung.

Ketua Pengadilan Negri Rokan Hilir melalui Wakil Ketua Rudi Ananta SH MSi saat dikonfirmasi Tribunriau.com mengatakan, sesuai dengan amanat Makamah Agung RI, Pengadilan Negri Rokan Hilir diharapkan pada tahun 2018 sudah terakreditasi, Senin (21/8/2017).

“Untuk mengikuti alur akreditasi tersebut, beberapa lini sudah dikerjakan, baik sifatnya kesektariatan maupun sifatnya teknis dari manajemen perkara,” jelasnya.

Dari infrastruktur, lanjutnya, sudah banyak dilakukan perubahan, perbaikan, sarana dan prasarana seperti ruang sidang anak, ruang tahanan yang harus terpisah, ruang mediasi, ruang untuk ibu menyusui, ruang klinik, serta ruang arsip yang harus tertata rapi.

“Dengan perbaikan semua infrastruktur tersebut, seluruh masyarakat pencari keadilan baik itu proses dalam perkara, maupun keluarga yang datang bisa terlayani dengan baik dan nyaman,” harapnya.

Terkait dengan manajemen perkara, dilakukan penanganan perkara dengan teliti, baik dan lancar, agar tidak ada tunggakan-tunggakan perkara.

“Faktor yang menjadi kendala di Pengadilan Negri Rokan Hilir ini karena adanya tunggakan-tunggakan, seperti tunggakan perkara tahun 2014, tunggakan perkara 2015 dan tunggakan perkara tahun 2016,” tambahnya.

Dijelaskannya, tunggakan-tunggakan tersebut bukan diperkara saja, tetapi banyak juga personil-personil yang pindah, baik itu personil Hakim maupun Panitera Pengganti (PP). “Untuk mengatasi hal tersebut, apabila ada personil yang pindah, ya kita datangi dan kita minta SoftCopy-SofCopy putusan,” ucapnya.

Adapun kendala lain di Pengadilan Negri Rokan Hilir ini yaitu, kapasitas kecepatan internet di wilayah ini hanya Satu (1) Mbps saja. “Jadi mengupload penyelesaian perkara menjadi terkendala, maksimalnya kecepatan kapasitas di Rokan Hilir ini Dua (2) Mbps, agar lancar untuk mengupload proses penyelesaian perkara,” pungkasnya. (TO)