Semesta Riau Delapan BPD se Kecamatan Rupat Periode 2021-2027 Diambil Sumpah

Delapan BPD se Kecamatan Rupat Periode 2021-2027 Diambil Sumpah

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Delapan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se kecamatan Rupat periode 2021-2027 diambil sumpah di Aula Kantor Camat Rupat, Kamis (18/2).

Ikrar sumpah oleh BPD tersebut dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan dan berlangsung tertib.

Turut hadir dalam acara tersebut dari Kasi Pemerintahan, Camat Rupat serta Tokoh agama dan masyarakat.

Camat Rupat, Khairunazri, STP, M.P.A berharap agar seluruh Banmus yang sudah diambil sumpahnya untuk selalu menjaga profesionalitas, memahami tugas masing-masing serta memilah antara kepentingan pribadi dengan kepentingan masyarakat.

“Artinya mereka harus lebih giat lagi mengejar aspirasi masyarakat, yang diinginkan masyarakat, agendakan rapat bersama masyarakat, sampaikan ke forum di dalam pemerintah desa, bukan sekedar hanya mengawasi, mereka harus kreatif bagaimana supaya pola pembangunan masyarakat antara BPD dan desa itu saling mengisi, bukan lagi saling bersinggungan,” ujar Camat.

“Terkait soal pemilihan pengurus, akan dilakukan secepatnya,” tambah camat.

Camat juga menghimbau perangkat desa untuk tidak menggurui dan meninggalkan BPD. “Bagi yang punya waktu untuk sharing, lakukan sharing agar mereka lebih cepat dewasanya, lebih cepat melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing,” jelas Camat.

Di tempat yang sama, ketika PMD Faisal Saini, S.STP ketika dimintai tanggapannya ia juga memberi saran agar BPD bekerja dengan baik, bekerjasama dengan kepala desa dan kompak, untuk selalu mengikuti peraturan yang telah ditetapkan di permendagri No 110 dan Perda no 9, yaitu meningkatkan kemandirian dan pemberdayaan desa, meningkatkan kinerja pemerintah desa, meningkatkan pencapaian akuntabilitas kinerja dan keuangan.

Sementara itu, SK Penjabat Bupati Bengkalis H. Syahrial yang dibacakan melalui panitia kepada delapan desa yaitu desa Darul Aman, Desa Sukarjo Mesim, Desa Teluk Lecah, Desa Parit Kebumen, Desa Pangkalan Nyirih, Desa Sungai Cingam, Desa Makruh, Desa Hutan Panjang Kecamatan Rupat Kabupaten Bengkalis, mengatakan mengingat dan memperhatikan surat pengantar Camat Rupat No 100/pems/2021/21 Tanggal 25 januari 2021 tentang dokumen hasil pemilihan anggota BPD di kecamatan rupat tahun 2021, memutuskan:
1. Meresmikan anggota badan permusyawaratan desa pada desa Darul Aman, Desa Sukarjo Mesim, Desa Teluk Lecah, Desa Parit Kebumen, Desa Pangkalan Nyirih, Desa Sungai Cingam, Desa Makruh, Desa Hutan Panjang, kecamatan Rupat kabupaten Bengkalis sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan ini.

2. Masa keanggotaan badan permusyawaratan desa sabagaimana dimaksud pada diktum ke satu adalah selama enam tahun terhitung sejak tanggal mengucapkan sumpah atau janji.

3. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan, ditetapkan di Bengkalis 1 februari 2021 oleh Pj Bupati Bengkalis H Syahrial.

Penulis: Johanes Mangunsong