Ekonomi Bupati Kasmarni Hadiri Panen Cabai Merah Kelompok Tani J.Sepakat

Bupati Kasmarni Hadiri Panen Cabai Merah Kelompok Tani J.Sepakat

BERBAGI

Bengkalis (Duri), Tribunriau – Setelah selesai menghadiri dan membuka secara resmi, rapat koordinasi Forum Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TJSP) di Ball Room Hotel Surya Duri, Bupati Bengkalis Kasmarni bersama rombongan menghadiri panen cabai Kelompok Tani Jaya Sepakat di Kelurahan Pematang Pudu, Kecamatan Mandau Rabu (08/12/21).

Bupati merasa bangga kepada kelompok tani Jaya Sepakat yang telah berhasil mengadakan panen cabai merah, dan ia turut ikut memanen secara simbolis, bila hasil panen terus berlimpahruah bisa mensejahterakan petani cabai di Kecamatan Mandau khususnya dan Kabupaten Bengkalis secara keseluruhan.Dimana tanaman cabai merupakan tanaman yang sangat menggiurkan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, kelompok tani Jaya Sepakat diharapkan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di Kabupaten Bengkalis.

“Kami dari pemerintah perlu memberikan dorongan agar dapat menumbuhkan inovasi-inovasi, tekhnologi-tekhnologi, yangmana selama ini pertanian dilakukan secara manual.Seperti yang dikatakan ketua kelompok tani tadi.Dengan kerjasama kita, bisa sering belajar ke daerah lain mengambil contoh tekhnologi yang diterapkan dan sebagai studi banding,” kata Kasmarni.

Dilanjutkan bupati, diharapkan kepada PPL sebagai petugas pendamping petani bisa menciptakan inovasi dan tekhnologi, agar petani tidak terlalu fokus pada pertanian secara manual, bisa menghasilkan hal yang menarik, sehingga bisa memotivasi masyarakat lain untuk bertani bukan sebagai tugas sampingan, melainkan tugas pokok.

“Sektor pertanian merupakan salah satu untuk mensejahterakan masyarakat, dan termasuk didalam delapan program unggulan kami, sebagai stimulus ekonomi yang terdiri dari bidang pertanian, peternakan, perikanan dan bidang-bidang lainya.Muaranya tercapainya visi Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera,” ujar Kasmarni.

Bupati juga mengingatkan kepada petani agar mengajukan permohonan mengenai apa yang diperlukan.Seperti alat atau perlengkapan lainnya dan jenis kegiatan.

“Kedepan melalui UPTD Pertanian, kita adakan work shop alat-alat dan perlengkapan pertanian, nanti bila masyarakat memerlukannya, bisa dipinjamkan.Seperti hari ini work shop infrastruktur, alat-alatnya bisa dipinjamkan.Karena kalau satu persatu diberikan bantuan, dana APBD tidak sanggup,” sebut Kasmarni.

“Tetap semangat, tapi lahan tanaman cabai dan holtikulturanya jangan dialihfungsikan dengan tanaman sawit, nanti kita susah jadinya, tidak ada pula petani yang menanam cabai.Mudah-mudahan kelompik tani Jaya Sepakat ini menjadi motivator bagi kelompok tani lainya yang ada di Kabupaten Bengkalis,” tutup Kasmarni.

Sementara disampaikan oleh Anggota DPRD Komisi II Hendri Hasibuan sangat mendukung kelompok tani Jaya Sepakat, karena berhasil membudidayakan tanaman cabe sampai panen.

“Kalau per kelompok diberikan bantuan, dana APBD kuta tidak cukup.Maka work shop di Kecamatan Mandau dilengkapi, dan untuk di Kecamatan Bathin Solapan akan kami bantu anggarannya.Begitu pula pak Rudi dari PHR, untuk program CSRnya bisa juga dialokasikan untuk pendidikan, pertanian, UMKM dan lainnya,” kata Hasibuan.

“Dengan kehadiran bupati disini, bisa disampaikan keluhan-keluhannya, nanti bisa dibantu bupati pengalokasian anggarannya melalui dinas terkait.,” sebut Hasibuan.

Dikesempatan itu, bupati memberikan bantuan obat-obatan dan lainya kepada pengurus kelompok tani Jaya Sepakat, dan selanjutnya pengurus kelompok tani memberikan 2 kantong plastik asoi cabe merah kepada Kasnarni.

Acara dihadiri oleh, Staf Ahli Bupati bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri, Asisten II Setda Bengkalis Heri Indra Putra, Sekretarus Dinas Pertanian Wahyudin, Camat Mandau diwakili Sekcam, Camat Pinggir Azuar, Camat Bathin Solapan diwakili Sekcam Zamariko Dakanahay, Ka.UPTD Pertanian Mandau Desi, Ka.UPTD Pertanian Bathin Solapan Eta, perwakilan PHR Rudi, Ketua Kelompok Tani Jaya Sepakat Samsul Gusri, para Lurah se Kecamatan Mandau, dan tamu undangan lainnya.(jlr)