Truk CPO PT SK di Inhu Diduga Kangkangi Undang-undang

0
Ilustrasi
Ilustrasi

INHU,Tribun Riau- Salah seorang tokoh masyarakat Indragiri Hulu, Said Sulaiman menyatakan bahwa truk CPO milik PT Sumber Kencana (PT SK) yang melintasi jalan Azki Aris dan Jalan Hang Tuah, Rengat – Kuala Cenaku, Kabupaten Inhu, Riau diduga mengangkangi UU Nomor 38/2004 tentang Jalan dan UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Hal tersebut dikatakannya beranjak dari beban jalan yang cuma 8 ton, namun dilewati oleh truk milik PT SK yang bertonase 40 ton. “beban jalan ini hanya 8 ton, namun dibiarkan truk CPO PT. SK bertonase 30
ton sampai 40 ton melintasinya,” ujarnya.

Karena melebihi beban yang seharusnya, lanjut Said, jalan menjadi rusak serta masyarakat tempatan merasa dirugikan.

Tak hanya itu, Said juga menyatakan bahwa pajak PT SK dibayarkan ke Kabupaten Inhil, sementara jalan yang dilewati serta rusak akibat tonase yang melebihi beban jalan adalah jalan milik pemerintah kabupaten Inhu, seharusnya Pemerintah Kabupaten Inhu mengambil sikap atas hal tersebut.

“Sementara pelabuhan CPO milik PT. SK berada di Teluk Bagus Kecamatan Kempas, Inhil. Otomatis pajak pelabuhannya dibayar ke Inhil, sementara jalan rusak dan berdebu maupun kecelakaan yang sering melibatkan truk CPO PT. SK sering berada di Inhu,” jelasnya.

Sementara itu, pihak PT. SK yang beralamat di jalan Veteran no. 77 kota Rengat melalui Humasnya, Reni saat dikonfirmasi hanya mengatakan seraya bertanya kemana lagi truk harus lewat.

“Terserah mau lapor ke mana saja, ke mana lagi truk CPO PT. SK mau lewat,” ujar Reni singkat. (Harmaein)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini