Nasional Siklon Tropis Paddy Jadi Penyebab Angin Kencang Jakarta Semalam

Siklon Tropis Paddy Jadi Penyebab Angin Kencang Jakarta Semalam

BERBAGI

Jakarta

Warga DKI Jakarta merasakan angin kencang melanda Ibu Kota kemarin malam. Usut punya usut, penyebab angin kencang di Jakarta adalah siklon tropis Paddy.

Peristiwa angin kencang itu terjadi pada Selasa (23/11) sejak petang hingga malam. Angin kencang membuat benda-benda bergoyang hingga sejumlah pohon tumbang di Jakarta

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberikan penjelasan fenomena angin kencang itu akibat tak langsung keberadaan siklon tropis Paddy.

“Benar, peningkatan kecepatan angin di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya akibat dampak tidak langsung dari siklon tropis Paddy di Samudra Hindia di selatan Jawa Barat,” kata prakirawan BMKG, Selasa (23/11).

Kondisi ini masih akan terjadi hingga siklon tropis Paddy sudah menjauhi wilayah Indonesia.

“Saat siklon tropis sudah bergerak menjauhi wilayah Indonesia angin kencang di sebagian wilayah Jawa juga berangsur-angsur akan menurun,” katanya.

Dalam akun Instagram-nya, BMKG memaparkan siklon tropis Paddy terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah, bertekanan 995 hPa dengan kekuatan 40 knot (75 km/jam). Bergerak ke arah barat dengan kecepatan 5 km/jam menjauhi wilayah Indonesia.

“Dampak tidak langsung bagi cuaca di Indonesia hujan sedang hingga lebat 24 jam ke depan di Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur,” demikian keterangan BMKG.

Diperkirakan intensitas siklon tropis Paddy menurun dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat. Namun, dampaknya kemarin malam terlihat di Jakarta.

Setidaknya, pohon tumbang terjadi di Kelurahan Karet Tengsin, Jakarta Pusat. Kepala Suku Dinas Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal mengatakan peristiwa ini menyebabkan satu orang warga mengalami luka-luka.

“Satu orang tertimpa pohon, lalu dilarikan ke Rumah Sakit AL Mintohardjo,” kata Asril dalam keterangan tertulis, Selasa (23/11).

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Sumber: DetikNews