Lingkungan Perbaiki Jalan Rusak, Dinas PUPR Dumai Koordinasi dengan Polres dan Dishub

Perbaiki Jalan Rusak, Dinas PUPR Dumai Koordinasi dengan Polres dan Dishub

5
BERBAGI

DUMAI – Dalam upaya perbaikan jalan di Kota Dumai dengan sistem tambal sulam, pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) melakukan koordinas dengan pihak Polres Dumai bagian Satuan Lalu Lintas (Satlantas)

Hal itu dilakukan untuk mengetahui jalan yang menjadi prioritas perbaikan. “Perbaikan jalan ini kita lakukan sebagai upaya respon atas keluhan masyarakat. Kita juga membagi tugas dalam melakukan perbaikan jalan yang berlubang. Apalagi kondisinya saat ini sudah memprihatinkan,” jelasnya.

Dilanjutkannya, beberapa jalan di Kota Dumai perlu dilakukan peningkatan, bukan perbaikan. “Melihat kondisi anggaran yang cukup minim tentunya untuk sementara ini kita lakukan pemeliharaan terlebih dahulu sebelum dilakukan peningkatan. Yang jelasnya kita akan lakukan terbaik untuk masyarakat,” ujarnya.

Dijelaskannya, saat ini Dinas PUPR Dumai sedang mengusahakan untuk mendapatkan anggaran dari APBN. Seperti Jalan Tuanku Tambusai (Perwira.red) dan Jalan Datuk Laksamana, yang akan dikerjakan menggunakan anggaran melalui APBN.

“Kedua jalan itu merupakan kategori jalan nasional, jadi perbaikannya pun harus menggunakan anggaran APBN. Menurut laporan bulan depan perbaikan Jalan Perwira dan Datuk Laksamana sudah bisa dikerjakan,” ulasnya.

Apalagi kondisi saat ini, untuk anggaran pemeliharaan di APBD 2017 sangat sedikit. Sehingga pihaknya memaksimalkan anggaran yang ada untuk melakukan pemeliharan yang tidak hanya di kota, tapi di wilayah pinggiran Dumai.

“Kita berharap di APBD Perubahan anggaran pemeliharaan meningkat dan kalau perlu langsung peningkatan jalan. Sehingga perubahan infrastruktur dirasakan langsung masyarakat Dumai dan tidak menimbulkan keluhan lagi,” katanya.

Selain berfokus pada pemeliharan jalan, kata dia, Dinas PUPR Dumai sendiri akan melanjutkan pemeliharaan atau normalisasi drainase yang ada di Dumai. Hal itu untuk mengantisipasi banjir jika terjadinya hujan dan pasang laut.

“Kalau tidak ada halangan teknis, bulan depan kita laksanakan normalisasi drainase. Dari hasil survei, dalam drainase kita sudah terjadi pengendapan pasir yang masuk ke dalam drainase dan perlu dilakukan normalisasi,” pungkasnya.(djv)