Semesta Riau Kelola Objek Wisata di Rohul, Disparbud Bentuk 10 Pokdarwis

Kelola Objek Wisata di Rohul, Disparbud Bentuk 10 Pokdarwis

22
BERBAGI
Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Rohul, Drs Yusmar, MSi
Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan Rohul, Drs Yusmar, MSi

ROKAN HULU,Tribun Riau- Agar seluruh objek wisata di masing-masing Kecamatan di Rokan Hulu (Rohul) bisa terkelola dengan baik, perlu adanya kesadaran masyarakat setempat, kelompok ini disebut juga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan kebudayaan (Disparbud) Rohul, Drs. Yusmar, M.Si, upaya melastarikan serta memajukan objek wisata yang ada di seluruh Rohul, harus dibentuk Pokdarwis di masing-masing kecamatan dan objek wisata.

Ditegaskan Yusmar, Kamis (13/9/2018), di Rohul saat ini sudah terbentuk 10 Pokdarwis yang langsung dibina oleh Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Rohul. Dimana ke-10 Pokdarwis itu, tersebar di sejumlah desa dan objek wisata se-Rohul.

Adapun 10 Pokdarwis yang telah terbentuk yakni, Pokdarwis Maju Sejahtera di kecamatan Rambah, Desa Rambah Tengah Barat, dengan objek Wisata Danau Sipogas dan Air Panas Hapanasan.
Kemudian, Pokdarwis Bujang Manjo Adventure, kecamatan Rambah, desa Sialang Jaya, objek Wisata Bukik Sunset Bujang manjo. Pokdarwis Pawan adventure desa Rambah Tengah Hulu.

Pokdarwis The Careteker di kecamatan Kabun, desa Aliantan, dengan objek wisata, Suligi Hill, Goa Garuda, dan Air Terjun Sikubin. Pokdarwis KPA-KR di kecamatan Kabun, desa Koto Ranah, Objek Wisata Mengapai Matahari Di Puncak Ranah. Pokdaewis Baraw 01, kecamatan Rokan IV Koto, kelurahan Rokan, dengan objek Wisata, Air Terjun Sei Muai, goa bukit piang, Air terjun Sei Tolang, dan Agro Wisata.

Lalu Pokdarwis Baraw 02, kecamatan Rokan IV Koto, Desa Rokan Koto Ruang, dengan objek wisata Goa Took, goa Kalilawar, Air Terjun Kejatan Baru, Istana raja Rokan dan Puncak Kabur. Pokdarwis Goa Serombou, di Kecamatan Rambah Hilir, Desa Serombou Indah, dengan objek Wisata Goa Serombou. Pokdarwis Gema (Generasi maju) di kecamatan Bangun Purba, desa Bangun Purba, objek Wisata Aek Martua dan Air terjun Cerocok.

Kemudian, ada Pokdarwis Danau lestari indah, kecamatan Pagaran Tapah, desa Sangkir Indah Lestari, objek wisata Danau Indah lestari, dan pokdarwis Laskar syekh Abdul Wahab Rokan, di kecamatan Kepenuhan, desa Rantau Binuang Sakti, dengan objek Wisata Budaya dan Religi.

“Sehingga, ke-10 Pokdarwis yang di bawah binaan GenPI nantinya, akan memajukan objek-objek wisata di Rohul. Karena Pokdarwislah yang bisa membuat suatu objek Wisata layak ‘jual’ ke Wisatawan,” ungkap Yusmar di kantornya.

Dijelaskan Yusmar, bahwa keberadaan Pokdarwis sangat dibutuhkan dalam mempromosikan sekaligus menjaga setiap objek Wisata yang ada di Negeri Seribu Suluk.

Karena, dengan adanya Pokdarwis akan membuka lapangan kerja secara tidak langsung di sektor Pariwisata, semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke objek tersebut tentunya akan menambah penghasilan dari Pokdarwis dan masyarakat sekitar.

“Saya berharap, dengan adanya Pokdarwis di Rohul, maka kedepannya bisa membuat para wisatawan yang berkunjung ke objek-objek Wisata di Rohul, aman dan nyaman,” harapnya. (mad)