Hukrim Kejari Rohil Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-59

Kejari Rohil Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-59

BERBAGI

ROHIL, tribunriau – Kejaksaan Negeri (kejari) Rokan Hilir (Rohil) memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-59, senin (22/7/2019) di halaman kantor kejari Rohil Batu enam Bagansiapiapi.

Kepala kejaksaan Negeri Rokan Hilir Gaos Wicaksono, SH, MH selaku Inspektur upacara, dihadiri oleh Bupati Rokan Hilir H. Suyatno. Amp, ketua DPRD nasrudin Hasan, Kapolres Rohil AKBP sigit Adiwiryato .SIK, kodim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi, sekda Drs. Surya Arfan. MSi, kapolsek Bangko kompol Sasli Rais, kepala OPD dan tamu undangan lainya.

Dalam sambutanya selaku inspektur upacara, kejari Rohil Gaos wicaksono menyampaikan Amanat jaksa agung Republik Indonesia (RI).

Usai upacara Hari Bakti Adhyaksa ke-59, Kejari Rohil Gaos wicaksono mengatakan, bahwa instansi kejaksaan dapat melakukan penegakan hukum dengan baik dan optimal , artinya adalah profesionalritas dan terintegritas, juga memberikan pengabdian yang tulus, yang kesemua pebgabdian itu diantaranya adalah untuk menjaga keutuhan negeri tercinta kita, yakni negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dijelaskanya, Koordinasi kejari dengan pemerintah kabupaten Rokan Hilir selama ini berjalan baik dan lancar, karena kejaksaan ini fungsinya luas, perkara tidak hanya dalam bidang pidana umum tapi juga dalam hal tindak pidana korupsi.

” Mungkin masyarakat selama ini hanya tau nya hanya dua kegiatan dibidang itu, tapi harus diketahui juga ,bahwa ada bidang Datun, dibidang ini ada tugas , lima bidang yang meliputi, yakni satuan Hukum, penegakan Hukum, pelayanan Hukum dan dua lagi yang lain,” ujarnya.

Nah, Datun ini misalnya, pemerintah Daerah di gugat ,maka kami akan mewakili pemerintah ,seperti yang kemarin bahwa pemda Rokan Hilir digugat 31.5 Milyar saat pengusuran rumah maka kejari Rohil dengan Tim jaksa pengacara negara dengan SKK yang sebelumnya ada MoU mewakili pemerintah Daerah, Alhamdulillah sebesar 31,5 Milyar dapat kami selamatkan keuangan Negara.

Tambahnya, Lalu kegiatan TP4D jelas kami akan melakukan pendampingan sehingga program – program strategis pemerintah Daerah dapat berjalan dengan baik sesuai aturan yang ada.

Kemudian ketika ada aset – aset pemda yang dikuasai oleh pihak ketiga, maka pihak pemda silahkan koordinasi dengan kami, kejari Rohil siap menagihkan sepanjang melengkapi dengan catatan hukum yang baik,” kata Gaos wicaksono.

Ditempat yang sama Bupati Rokan Hilir H. Suyatno mengatakan, sejak berdirinya Kabupaten Rokan Hilir kordinasi kejari dengan pemerintah Daerah cukup bagus dan juga pemerintah Daerah dalam 3 Tahun ini melakukan kerja sama dengan kejaksaan negeri yang kita kenal dengan TP4D , sampai hari ini masih berlangsung koordinasinya dan tujuanya bagaimana ada sesuatu yang menyangkut dengan persoalan hukum yang pada saat proses pekerjaan, misalnya atau hal yang lain, sebelum itu dilakukan, kita minta pendapat Hukum dari kejari Rohil, Alhamdulillah semuanya berjalan lancar.

” Saya pribadi dan Atas nama pemerintah Daerah mengucapakan selamat Hari jadi Adhiyaksa yang ke-59, mudah-mudahan kejaksaan negeri Bagansiapiapi dalam melayani masyarakat tetap exsis selalau dan terus berkesenambungan dengan pemerintah Daerah dalam pelayanan Hukum.” ujarnya.

Suyatno berharap, khusus kepada pak kejari beserta jajarannya, ditingkatkan lagi koordinasi dimasa yang akan datang. (hen)