Semesta Riau Pemkab Rohil Gelar Makalah dan wawancara uji kompentensi JPT pratama

Pemkab Rohil Gelar Makalah dan wawancara uji kompentensi JPT pratama

BERBAGI

ROHIL, tribunriau – Pemerintah kabupaten (pemkab) Rokan Hilir (Rohil) melakukan kegiatan makalah dan wawancara uji kompentensi jabatan pimpinan Tinggi ( JPT) pratama, jumat (19/7/19) di hotel Lion jalan mawar Bagansipiapi.

Pada uji kompentensi kali ini diikuti sebanyak 24 orang, untuk mencari pemimpin di Dinas Organisasi perangkat Daerah (OPD) yang di uji oleh lima orang.

Ketua uji kompentensi JPT pratama Prof. Dr. Syafrani, MSI menjelaskan, kegiatan ini adalah amanah didalam memilih aturan melaksanakan perangkat OPD khusus kabupaten kota dan ini merupakan turunan dari pada provinsi Riau.

” Kegiatan ini merupakan untuk mencari pemimpin di Dinas OPD, agar didalam organisasi ini bisa menempatkan orang yang punya visi dan memahami jabatan dan tugas fungsi yang dia miliki,” katanya.

Lanjutnya, Ini merupakan amanah dan bukan kehendak pejabat Daerah , tapi ini adalah kegiatan yang resmi dilakukan dan proses ini dilakukan secara opjektif.Tim nantinya yang ditunjuk itu bersifat indefenden yang terdiri dari beberapa komponen, dari akademisi, tokoh masyarakat dan juga lepelnya di bawah sekda, maka pihak pemerintah juga dilibatkan oleh pemerintah dan pengambilan prioritasnya itu oleh sekda.

” Tujuannya adalah akan mencari sumber Daya Manusia (SDM) yang punya kompentensi di dalam memimpin organisasi perangkat Daerah (OPD),” ujar syafrani.

Ditempat yang sama sekda Rohil Drs. Surya Arfan. MSi mengatakan, Evaluasi jabatan pada hari ini, dimana dua tahun yang lalu pak Bupati telah melakukan evaluasi pejabat pratama eselon II pada pejabat.

” pada hari ini Kami melakukan evaluasi jabatan, artinya sampai sejauh mana pejabat selama dua tahun ini kemampuanya dalam mengelola jabatan, kalau masih mampu dia akan terus melanjutkan jabatanya tapi apabila tidak mampu tentu jabatanya akan dilaksanakan dengan yang lain.” ujarnya.

Tambahnya, dari 24 ini, ada 8 yang kosong, jadi mana yang kosong itu nanti ada tahap ke dua lagi, itu nanti lelang terbuka melalui asesmen, kalau ini baru evaluasi.

Ada dua kegiatan, tadi dan sekarang ini menyampaikan penulisan masalah selama dua jam sebanyak 10 lembar, harapan saya selama ini, apa misinya kedepan.

Kemudian nanti malam langsung expos apa yang mereka tuliskan dan langsung tanya jawab dengan pemandu acara, nanti kami sampaikan dengan pak Bupati dan inilah orang nya, tepat tak tepat pada jabatan itu nanti kami sampaikan kepada pak Bupati,” kata surya Arfan. (hen)