Pendidikan Bersama LPKI, Polres Rohil Gelar Sosialisasi Bahaya Kanker

Bersama LPKI, Polres Rohil Gelar Sosialisasi Bahaya Kanker

11
BERBAGI

ROHIL, Tribunriau- Kapolres Rokan Hilir (Rohil) AKBP Hendri Posma Lubis SIK MH beserta Bhayangkari Polres Rohil menggelar Sosialisasi penyuluhan kanker bersama Lembaga Penyuluhan Penyakit Kanker (LPKI), Sabtu (22/7/17), Pukul 09.00 Wib di Gedung Tunggal Panaluan Polres Rohil.

Adapun sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut disampaikan oleh Konsultan Kesehatan, Silvi Maya Sari.

Acara dibuka oleh Kapolres Rohil didampingi oleh Ketua Bhayangkari Cabang Polres Rohil. Turut hadir Wakapolres Rohil, Kompol Kurnia SIK,Kabag Sumda Polres Rohil, Kompol Marto Harahap S.Sos,Kabag Ren Polres Rohil, Kompol Lagomo Amd,Para Kasat dan Kapolsek Jajaran,Personil Polri,Polwan dan Pns Polres Rohil, yang telah di tunjuk sebagai peserta kegiatan,para Ketua Ranting dan anggota Bhayangkari Polres Rohil.

Dalam sambutannya, Kapolres Rohil mengimbau agar peserta Sosialisasi dapat memanfaatkan momen tersebut dengan baik dan aktif bertanya tentang tema sosialisasi yang dimaksud.

“Banyak laporan masalah keluarga yang terjadi, untuk para ketua ranting yang ada di polse-polsek agar lebih memperhatikan dan mengingatkan anggota yang bermasalah dalam rumah tangga,” ujar Kapolres Rohil AKBP Henry Posma Lubis SIK MH.

Kemudian, kata sambutan yang disampaikan oleh Ketua LPKI Riau, yang diwakili oleh Agus Rinaldi Batu Bara, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan ini dilakukan oleh LPKI bertujuan mensosialisasikan antisipasi dan pencegahan terhadap kanker. “Salah satu penyakit penyebab kematian yang cukup tinggi di Indonesia adalah kanker,” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan presentasi yang disampaikan oleh Konsultan Kesehatan LPKI Riau, Silvi Maya Sari, ia menjelaskan kanker adalah suatu sel yang ada di tubuh kita sebelumnya berkembang secara normal menjadi tidak normal, selanjutnya berubah menjadi tumor yang kemudian berkembang menjadi kanker.

Disampaikan juga, dimana penyebab dan sebuah pemicu dari kanker ada beberapa faktor yaitu, faktor genetik atau Keturunan, faktor kimia atau fisika, seperti asap rokok dan polusi, faktor makanan dan minuman, cara pengolahan makanan yang salah.

Menyangkut tentang kanker serviks pada umumnya yang diderita oleh wanita, lanjutnya, disebabkan dengan prilaku hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan minum-minuman beralkohol, gonta-ganti pasangan atau juga dapat ditularkan melalui pasangannya yang telah melakukan hubungan intim dengan orang lain, menstruasi yang tidak teratur, menikah dalam usia muda, terlalu sering melahirkan dan tidak menjaga jarak antara kelahiran, wanita yang tidak pernah melahirkan, serta banyak lagi penyebab-penyebab lain yang dapat menimbulkan penyakit kanker.

Data dari badan Kesehatan dunia WHO, bahwa Indonesia memiliki penderita kanker terbesar di dunia yang menyebabkan kematian. Untuk pencegahannya, diharapkan agar berprilaku hidup sehat dan periksakan segera alat reproduksi anda ke dokter, bilamana ada keluhan pada alat reproduksi anda.

Acara dilanjutkan dengan pengenalan gejala dini dari kanker payudara, dengan cara rajin memeriksakan setiap hari kedua payudara dengan cara meraba dan bilamana ditemukan adanya benjolan agar segera dilakukan pemeriksaan ke dokter.(TO)