Sosbud Anggota BPD Pinggir Dilantik Bupati Bengkalis

Anggota BPD Pinggir Dilantik Bupati Bengkalis

BERBAGI

Bengkalis (Pinggir), Tribunriau – Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kecamatan Pinggir dilantik oleh Bupati Bengkalis Kasmarni, di Halaman Kantor Camat Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Jumat (19/03/21).

Anggota BPD yang berjumlah 41 orang itu berasal dari 5 Desa, yang diambil sumpah dan jabatan yakni, Desa Balai Pungut, Tengganau, Semunai, Pinggir, dan Desa Muara Basung.

Dalam kata pengarahannya Bupati Bengkalis mengingatkan BPD dan Kepala Desa, merupakan satu kesatuan yang harus selalu bersinergi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing, juga keberadaan BPD agar tidak menjadi batu sandungan bagi Pemerintah Desa.

“Anggota BPD harus segera pahami dan baca UU no.6 tahun 2014 tentang desa, Permendagri nomor 110 tahun 2016 tentang Badan Permusyawaratan Desa serta Perda Kabupaten Bengkalis nomor 9 tahun 2018,” Tegas Kasmarni.

Bupati juga berharap, agar anggota BPD dan Kepala Desa dapat menjalankan seluruh prosedur dan mekanisme dalam melaksanakan kebijakan Pemerintah Kabupaten, termasuk pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD) dan bantuan keuangan lainnya.  Dilanjutkan Bupati,  BPD harus menjadi pilar utama dan jembatan koordinasi kerja Pemerintah Desa dan Masyarakat.

“Tanamkan semangat dan tekad bahwa keberadaan BPD dapat membantu menyelesaikan setiap permasalahan yang terjadi, dengan menyamakan persepsi baik di tatanan internal maupun eksternal,” ujar Kasmarni.

“Emban amanah dan tanggungjawab yang diberikan, dengan mengedepankan semangat dan tanggung jawab membangun Desa,”tutup Kasmarni.

Selain Bupati Bengkalis, kegiatan itu dihadiri juga oleh Sekda Bengkalis H Bustami HY, Anggota DPRD Bengkalis Al Azmi dan Susianto, Kepala Dinas PMD Yuhelmi, Kadis Pendidikan Edi Sakura, Kadisnakertrans Kolijah, Danramil Mandau Kapten H.Sitorus, perwakilan Polsek Pinggir, Camat Pinggir Azwar, Ketua PAC Pemuda Pancasila Pinggir Loyd Tampubolon beserta rombongan,  sejumlah Lurah dan Kepala Desa Kecamatan Pinggir.(jlr).