Acara Perpisahan Murid Kelas XII SMAN 8 Mandau Adakan Pensi, Camat Riki Hadir

0

Bengkalis (Mandau), Tribunriau -Murid kelas XII SMAN 8 Mandau mengadakan acara perpisahan atau pelepasan dari pihak sekolah kepada orangtua murid, dengan menampilkan pentas seni (Pensi), di halaman SMAN 8 Mandau, Jl.Sejahtera Kelurahan Air Jamban, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Kamis (25/04/2024).

Sepertinya kegiatan ini merupakan hari bersejarah bagi siswa dan siswi kelas XII angkatan 14 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Mandau yang lebih dikenal dengan nama “Ashkala” Tahun Pelajaran (TP) 2024, sebelum menghadapi Ujian Nasional pada 6 Mei 2024 nanti.

Saat pagelaran Pensi dan pelepasan siswa itu, terlihat linangan air mata turun dipipi ratusan siswa dan siswi dikarenakan tak kuasa nantinya menahan rasa rindu semasa berpakaian putih abu abu disekolah yang kini dipimpin Sundakir SE, MP.d itu.

Ketua Panitia kegiatan dengan tema “Ashkala” Terbang Tinggi Meraih Mimpi itu, Siska Engriani Nasution mengatakan jika Ashkala lahir dari bahasa Sansekerta dengan arti Asa dan Miskala, kuat dan tahan banting serta memiliki harapan yang tinggi pasca Corona sebanyak 385 orang terdiri dari IPS 206 dan IPA 179.

“Terimakasih kepada Kepala sekolah yang telah membimbing panitia hingga terlaksananya kegiatan ini, dan juga tak terkecuali bagi wali kelas yang telah mendukung sepenuhnya,”ujarnya.

Siska menerangkan, usai pelepasan siswa kelas XII itu, final kegiatan Pensi yang sudah diperlombakan sejak bulan Februari lalu itu, akan dilanjutkan dengan jenis vokal solo dan tari tradisional yang diikuti siswa kelas X dan XI.

Sementara Ketua Komite SMAN 8 Mandau Sahdan Lubis mengucapkan, turut berterimakasih kepada keluarga besar SMAN 8 Mandau. Menurutnya, 3 tahun waktu yang singkat bersama dalam menempuh pendidikan menuju jenjang Universitas.

“Insya Allah ilmu yang didapat berguna sebagai bekal menuju ketahap yang lebih tinggi. Kiranya bermanfaat bagi Ashkala, tentunya banyak kisah yang takkan mungkin gampang dilupakan,” ujarnya.

Lanjut Sahdan, pentas seni merupakan media untuk anak dalam menggali potensi dan hobi yang terpendam. Melalui pagelaran ini, dapat terungkapkan.

“Pendidikan tidak sebatas akademik semata, namum juga non akademik. Untuk itu sangat bernilai positif bagi siswa dan yang paling terpenting, dalam kegiatan ini tidak dikutip sedikitpun biaya yang berpotensi memberatkan orang tua murid. Mari berkolaborasi membangun sekolah ini agar lebih baik kedepannya,” ujarnya.

Selanjutnya, Kepala Satuan Pendidikan/ Kepala Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 8 Mandau, Sundakir SE, MP.d mengucapkan Tahniah dalam berjuang menyelesaikan Proses Belajar Mengajar (PBM). “Yakinlah, ketika semua ananda mau belajar, kedepannya akan banyak kompetisi kejenjang yang lebih tinggi maupun dalam meraih prestasi didunia kerja,”pesannya.

Dikatakan Kepala SMAN 8 ke – 4 ini, perihal ini juga senada akan terwujudnya program Bupati Bengkalis, Bermarwah, Maju dan Sejahtera (Bermasa), hingga tercapainya generasi emas dalam 10 tahun mendatang.

“Bagi orang tua, bahwa setelah kelulusan anak nantinya, mari kita bimbing agar lebih maju dalam berkarya maupun perkuliahan jika melanjutkan. Semua ini tak luput dari pengawasan orang tua. Ini awal berproses, jangan lalai dan berdiam diri,”pintanya.

Menutup kegiatan itu, Camat Mandau, Riki Rihardi secara terbuka juga mengucapkan, tahniah kepada seluruh siswa yang akan mengakhiri masa belajar disalahsatu sekolah terfavorit di Negeri penghasil minyak bumi tersebut.

“Terimakasih kepada sekolah yang telah menampung generasi penerus bangsa negeri ini untuk menimba ilmu. Kedepannya, gapailah cita cita demi masa depan yang cerah. Mudah mudahan kedepannya ada generasi yang lulus pada IPDN guna memajukan kampung kita ini,”harapnya.

Setelah penyerahan siswa ke orang tuanya ditandai dengan penyerahan dasi dan topi sebagai atribut putih abu abu, Sundakir SE, MP.d berkesempatan menyerahkan sejumlah sertifikat dan penghargaan kepada siswa berprestasi, baik akademik maupun non akademik secara simbolis.

Tampak hadir dalam acara kegiatan sejarah siswa dan siswi SMAN 8 Mandau itu, seluruh Kepala sekolah yang ada di Kecamatan Mandau, Pinggir dan Bathin Solapan, Kepala Cabang (Kacab) Pendidikan Wilayah II Provinsi Riau yang diwakili Sridayati, SP.d dan orang tua.(***).