Semesta Riau Warga Desa Rampang Rupat Perbaiki Dermaga Pelabuhan Secara Swadaya

Warga Desa Rampang Rupat Perbaiki Dermaga Pelabuhan Secara Swadaya

BERBAGI

RUPAT, Tribunriau- Masyarakat Desa Rampang akhirnya memperbaiki Dermaga yang ambruk sepanjang 15 meter secara Swadaya (dana masyarakat), Senin (10/8/2020).

Salah seorang Ketua RW, Ades ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa jembatan yang sedang diperbaiki ini merupakan akses ke Dumai dan Desa Titi Akar.

“Jembatan ini adalah akses hubungan laut, memang sangat parah, jika air pasang jembatan ini tidak bisa dilewati dan setiap hari digunakan masyarakat banyak melalui kapal laut,” ujarnya.

“Dari sini bisa ke Dumai, bisa ke desa Titi Akar, bahkan ke Rupat Utara menggunakan kapal laut, semua bisa dari dermaga ini,” tambahnya.

Dikatakan Ades, awalnya warga mengadakan rapat dengan masyarakat sebulan yang lalu, pembahasan tersebut soal perbaikan dermaga dengan menghitung biaya materialnya.

“Keputusan rapat menggunakan batang nibung dan broti papan serta yang lain-lain, dengan hasil swadaya masyarakat,” sebutnya.

Ades juga mengucapkan terimakasih pada warga yang mau kerja sama bahu-membahu dan juga kepada donatur yang menyumbangkan papan dan batang nibung.

“Baik yang menyumbangkan uang, saya mengucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya dan terimakasih kepada Tribunriau Biro Rupat yang selalu hadir di tengah-tengah warganya yang rajin meliput dan memberitakan kegiatan warga Rupat. Kami juga meminta kepada pemerintah terkait, jika ada dana pemeliharaan, perhatikanlah kami,” ungkap ketua RW Ades.

Sementara itu, Plt Lurah Tanjung Kapal belum berhasil dihubungi untuk dimintai tanggapannya terkait kegiatan warga tersebut.

Pantauan di lapangan, puluhan warga tampak hadir dari masyarakat RT 13 dan masyarakat RT 14, tokoh pemuda, tokoh agama, RT, RW ikut serta saling bahu membahu.

Penulis: Johanes Simangunsong
Editor: Redaksi