Sertijab Kades Buluh Manis, Legimun Ingatkan Pj Kades Jangan Ada Bangunan Fiktif

0

Bengkalis (Bathin Solapan), Tribunriau – Setelah dilantiknya 92 Pj.Kepala Desa (Kades) oleh Bupati Bengkalis Kasmarni pada 1 September lalu, sehingga diteruskan serah terima jabatan dari Kades yang lama (sudah berakhir masa jabatanya) kepada Pj.Kades yang baru di kantor desa masing-masing.

Seperti yang dilakukan Pemerintah Desa Buluh Manis, Kecamatan Bathin Solapan, melaksanakan sertijab dari Kades yang lama Legimun kepada Pj.Kades baru Rudi Hartono, di Aula Desa Buluh Manis, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis, Selasa (12/09/23) sore.

Pada kesempatan itu, Masrianto selaku Ketua BPD mengatakan,” walaupun sudah tidak kades lagi, kami berharap pak Legimun bisa memberi sumbangan pikiran kepada kami.Jangan sungkan, kami atasnama BPD dan masyarakat mohon dimaafkan bila ada kesalahan kepada bapak.Dimana di tahun 2024 kami punya rencana program untuk lebih baik lagi kedepannya,” ujarnya.

Kemudian Legimun mengatakan, mengucapkan ribuan terimakasih kepada semua masyarakat, RT/RW, Kadus, dan Perangkat Desa, yang telah membantunya mulai pelantikan dan berakhirnya masa jabatannya.Mendoakan semua sehat selalu, dan selamat bertugas kepada Pj Kades yang baru.

“Saya atas nama pribadi dan keluarga mohon dimaafkan, karena manusia itu tidak terlepas dengan khilaf dan salahnya,” ucap Legimun.

“PR kami yang belum terpenuhi yaitu, pembangunan gedung BPD dan PKK, yang rencana mau dibangun disamping kantor desa.Kepada pak camat mohon dikawal rencana tersebut, termasuk untuk membangun gedung SMP, tanahnya sudah ada 1 hektar lokasinya di lapangan heli,” sebut Legimun.

Legimun juga mengingatkan kepada Pj.Kades, jangan sampai nanti ada nama proyek bangunan, tapi bangunanya tidak ada, atau istilahnya bangunan fiktif.”Jangan sampai kena proses hukum nantinya,” kata Legimun.

Lalu, Pj.Kades Rudi Hartono mengatakan, mengucapkan terimakasih atas kehadiran Camat dan segenap yang hadir, khususnya Legimun.Diterangkanya, dimana ada 2 agenda kegiatan sore ini, yang pertama kegiatan sertijab dan kedua musrenbang tingkat desa.

“Kami sangat berharap kerjasama dengan semua perangkat desa, rt/rw dan masyarakat, kami tidak bisa sendiri untuk melakukan pembangunan.Mudah-mudahan desa lebih baik lagi kedepanya.Apa saja yang sudah dibangun pak Legimun akan kami teruskan, dan yang belum selesai mari kita saling berembuk untuk memecahkan permasalahan,” ucap Rudi.

Sementara, Camat Bathin Solapan M.Rusydy RR mengatakan, RT/RW adalah ujung tombak di desa.Sertijab ini harus dilakukan setelah Pj Kades dilantik Bupati 1 September kemarin, bukan hanya seremonial saja, tetapi serah terima pertanggungjawaban dari Kades yang lama kepada Pj Kades.

Kami berharap RT/RW dapat mengerti supaya Pj Kades dapat melakukan tugasnya kedepan. Dalam proses jabatan kades lama melakukan terobosan-terobosan pembangunan perlu kita apresiasi.

“Sekalilagi kami ucapkan selamat.Dimana pak Legimun merupakan dituakan selangkah menjadi koordinator kades di Bathin Solapan, bila ada rencana kades mau pergi kemana-mana kegiatan, kalau pak Legimun bilang bergerak semua kades bergerak,” ujar Camat.

“Mari semua yang hadir, membantu dan mengawasi tugas dari pj, karena jabatan pj ada efaluasinya.Pak Rudi Hartono juga menjabat Kasi Tata Pemerintahan kantor Camat Mandau, program pertama kami minta pj bisa menyelesaikan masalah tapal batas,” tegas Camat.

Ket: foto bersama selesai acara musrenbang Desa Buluh Manis tahun anggaran 2025.

Turut hadir, Ka.UPT, Sekdes Buluh Manis, Bhabinkamtibmas, RT, RW, Kepala Dusun, pendamping desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, ibu PKK, dan lainya.

Setelah berakhir acara sertijab, acara langsung dilanjutkan Musrenbang Desa Buluh Manis tahun anggaran 2025, dibuka secara resmi oleh Camat M.Rusydy RR.Pada musrenbang tersebut, Rudi Hartono menyebutkan bahwa banyaknya usulan rencana pembangunan warga melalui RT, RW, namun diputuskan hanya ada 10 prioritas yang akan dibawa pada acara musrenbang tingkat kecamatan nantinya. (jlr).