Ekonomi Sering Langka, SPBU di Inhu Jual BBM Bersubsidi ke Pengecer

Sering Langka, SPBU di Inhu Jual BBM Bersubsidi ke Pengecer

BERBAGI

RENGAT, Tribunriau-
Seringnya terjadi kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) diduga karena adanya penjualan besar-besaran kepada para pengecer. Penjualan tersebut tak hanya berlangsung pada malam hari, namun juga pada siang hari.

Demikian dikatakan salah seorang aktifis LSM di Kabupaten Inhu, Bujang kepada Tribunriau.com baru-baru ini. Penjualan tersebut katanya, tampak beberapa jerigen yang dibawa oleh pengecer lalu diakomodir oleh karyawan SPBU.

“Terbukti, SPBU di simpang 4 Japura Kecamatan Lirik dan SPBU Danau Raja Kecamatan Rengat, karyawan SPBU tersebut sedang mengisi BBM bersubsidi ke jerigen milik pengecer,” ujar Bujang.

Tindakan tersebut dikatakan Bujang, merupakan bentuk pelanggaran terhadap pasal 55 Junto pasal 56 UU No.22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Ga Bumi dengan ancaman pidana penjara serta denda.

Bujang meminta semua pihak terkait serta warga turut mengawasi penjualan BBM bersubsidi ini. “Silahkan laporkan ke Pertamina pada nomor 500 000,” ujarnya.

Sementara itu, Kabag Ekonomi Setda Inhu, Dahjoni tidak berhasil dihubungi untuk dimintai keterangannya atas perihal yang dimaksud.

Penulis: Harmaein Pilianglowe | Indragiri Hulu